RANCANG BANGUN WEBSITE GAMIFIKASI SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DAN EVALUASI HASIL BELAJAR MAHASISWA

Mohamad Farozi

Abstract


Pemanfaatan berbagai sumber daya dalam membuat strategi dalam kegiatan pembelajaran telah banyak diimplementasikan dalam platform content e-learning untuk membantu administrasi dalam mengatur dan menjalankan e-learning. Salah satu permasalahan yang dapat menyebabkan e-learning menjadi kurang berhasil dalam penggunaannya adalah bagaimana strategi untuk mendapatkan ketertarikan dan perhatian dari peserta (pengguna)e-learning[7]. Metode research and development atau (R&D) yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari tahapan studi pendahuluan, tahapan pengembangan dan tahapan evaluasi dan dokumentasi.Metode R&D digunakan untuk membantu peneliti dalam merancang website gamifikasi sebagai strategi pembelajaran dan evaluasi dari hasil belajar mahasiswa. Gamifikasi yang digunakan dalam penelitian ini banyak mengambil inspirasi dari komponen mechanic game yang memasukkan unsur game (permainan) dengan harapan memberikan hasil positif berupa peningkatan performa dan hasil belajar mahasiswa. Tahapan evaluasi dan dokumentasi pada bagian tahapan akhir penelitian ini dilakukan pengujian antarmuka website gamifikasi yang telah dirancang dengan teknik kuesioner guna menguji apakah terdapat kesalahan pada saat website gamifikasi tersebut digunakan dan hasil pengujian, persentase jawaban responden berada diantara 50% sampai dengan 74.99%, sehingga dapat dikatakan bahwa dalam website gamifikasi yang telah dirancang terdapat sedikit kesalahan yang ditemukan pada saat digunakan.


Full Text:

PDF

References


Muflihin, H.(2012) Penilaian Produktivitas Kerja Pegawai. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan.

Rusydiyah, E. F. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Masail Fiqhiyah. Disertasi.

Baniaji, D.(2009) Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Terhadap Hasil Produksi Mebel Pada UD Jepara Asli Surakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Sharma, A & Vatta, S. (2013) Role of Learning Management Systems in Education. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering. Volume 3, Issue 6. 2013.

Glover, I. (2013). Play as you learn: Gamification as a technique for motivating. Proceedings of World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia and Telecommunications, (hal. 1999-2008).

Mondy & Noe. (2005). Human Resources Management. 9th Edition. New Jersey : Pearson, Prentice Hall.

Souza-Concilio, I. d., & Pacheco, B. d. (2013). Games and Learning Management Systems: A Discussion about Motivational Design and Emotional Engagement. XII SBGames, (hal. 38-45). Sao Paolo

Kapp, K. M. (2012). The gamification of learning and instruction : game-based methods and strategies for training and education. San Fransisco: Pfeiffer.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.