PEMBUATAN MODEL PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Sudi : STMIK Pringsewu)

Muhamad Muslihudin, A.Wulan Arumita

Abstract


Peran dosen sebagai pengajar dalam proses belajar mengajar sangatlah penting. Dosen menjadi tumpuan utama dalam tranformasi ilmu yang diberikan oleh pihak instansi pendidikan kepada para mahasiswanya. Selain itu, dosen merupakan tenaga akademik yang bertugas melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan iptek, pengabdian pada masyarakat serta kegiatan penunjang lainnya. Penilaian dilakukan setiap akhir semester dengan membagikan kuesioner penilaian kinerja dosen kepada mahasiswa. Proses penilaian tersebut masih dilakukan secara manual dengan menggunakan lembar kuisioner. Sistem pendukung keputusan adalah suatu sistem yang berbasis komputer yang ditujukan untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak tersruktur. Penelitian menggunakan salah satu metode Fuzzy yaitu Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada. Ada enam kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : (1) Penguasaan Materi, (2) Penyampaian Materi, (3) Metode Pengajaran, (4) Kepemimpinan, (5) Motivasi Dosen, (6) Keterbukaan. Hasil penelitian dapat mendukung keputusan pada penilaian proses belajar mengajar menggunakan kriteria yang telah ditentukan dan proses lain yang terkait dalam penilaian proses belajar mengajar. Sehingga didapat nilai terbesar ada pada V4 sehingga alternatif A4 adalah alternatif yang terpilih sebagai alternatif terbaik.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Sanusi (2015). Jurnal Sistem Informasi : Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Fuzzy SAW Untuk Penilaian Kinerja Dosen Politeknik Harapan Bersama Tegal, Universitas Dian Nuswantoro. Muslihudin, Muhamad. (2015). Sistem pendukung Keptusan Penilaian Air Minum Yang Sehat Bagi Tubuhmenggunakan Fuzzy Multiple Atribut Decission Making (Fmadm) Dengan Metode Simple Additive Wighting (Saw). SNATKOM 2015 Volome 1. YPTK PADANG. PADANG. --------------- (2015). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : SMA Negeri 01 Kalirejo). SNIF Universitas Potensi Utama Medan. Medan. Muslihudin, Muhamad. (2014). Sistem pendukung Keputusan Seleksi Siswa Berprestasi Pada Sekolah Menengah Kejuruan ( Smk ) Nurul Huda Pringsewu Menggunakan Metode AHP. Nugroho Joko Usito (2013). Tesis : Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Proses Belajar Mengajar Menggunakan Metode Simpe Additive Weighting (SAW),Universitas Diponegoro Semarang Kusuma, D. (2008). Informasi Tentang Sistem Pakar. Jakarta: Balai Pustaka Suryana, Agus. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN TEMPAT KOST DENGAN Metode Simple Additive Weighting (SAW) (STUDI KASUS : KOTA BENGKULU). KNSI 2015 Makassar. Universitas Klabat. Seto, R. (2011). Sistem Pakar Untuk Deteksi Penyakit Pada Daerah Mulut. Surabaya: Dani. Syarif, I. (2012). Pembuatan Alat Bantu Ajar Sistem Pakar dengan Tekhnik Inferensi Backward Chaining. Surabaya : Balai Pustaka. Warhani, DP. (2014). Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Stadium Penyakit Kanker. Surabaya: Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya. https://www.google.com/search?q=pengertian+dosen&ie=utf- 8&oe=utf- 8#q=latar+belakang+pengertian+PENILAIAN+PROSES+BELA JAR+MENGAJAR+PERGURUAN+TINGGI https://www.google.com/search?q=PENILAIAN+PROSES+BEL AJAR+MENGAJAR+PERGURUAN+TINGGI&ie=utf- 8&oe=utf-8 https://www.google.com/search?q=pengertian+dosen&ie=utf- 8&oe=utf-8#q=pengertian+dosen+secara+umum+menurut+ahli


Refbacks

  • There are currently no refbacks.