PENGGUNAAN QR CODE DALAM PRESENSI BERBASIS ANDROID

Norhikmah Norhikmah, Azizah Rahma Safitri, Laili Annas Sholikhan

Abstract


Presensi dalam kegiatan pelatihan menjadi suatu keharusan, yang dimana akan menjadi bagian dari laporan kegiatan pelatihan. Pelatihan di AMCC masih menggunakan presensi secara manual yaitu peserta/anggota membubuhkan tanda tangan pada suatu daftar hadir yang telah disediakan menggunakan kertas,pada saat pelatihan, dan diedarkan satu persatu keanggota/peserta sehingga dapat mengganggu konsentrasi peserta saat mendengarkan penjelasan si pameteri/tentor. Maka dari itu dibutuhkan Qr code dalam sistem presensi berbasis android. Hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan Qr code presensi menjadi lebih cepat dan efiesien dibanding presensi secara manual, sehingga rekapitulasi laporan pun menjadi lebih cepat.


Full Text:

PDF

References


Safaat H, Nazruddin 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android.Informatika Bandung: Bandung.

Newman, C. (2004). SQLite (1st ed.). United States: Sams.

Munawar,(2006),” Pemodelan Visual dengan UML”,Yogyakarta Graha Ilmu

Rouillard, J. 2008, Contextual QR Codes, ditemukenali dari http://jose.rouillard.free.fr/perso/publi/2008_Rouillard_ICCGI.pdf

Chuang Jun-Chou, Yu-Chen Hu & Hsien-Ju Ko., 2010, A Novel Secret Sharing Technique Using QR Code, International Journal of Image Processing (IJIP), Volume (4) : Issue (5), pp. 468-475.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.