SISTEM PENDUKUNG PENENTUAN KEPUTUSAN HAKIM PADA PENGADILAN NEGERI DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING

Fachrina Ramlah Rumodar, Marco Boudewin Hukunala, Ramli Sukunora

Abstract


Profesi hakim merupakan profesi hukum, karena pada hakekatnya merupakan pelayanan kepada manusia dan masyarakat dibidang hukum. Oleh karenanya hakim dituntut memiliki moralitas dan tanggung jawab yang tinggi. Kekuasaan kehakiman adalah kekuasaan negara yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan Pancasila. Sehingga dalam pengambilan keputusan yang tepat dan jujur, membutuhkan sebuah penengah untuk pemberi informasi yang lebih akurat dari sekian banyak keputusan yang diambil oleh 3 hakim kuasa. salah satunya adalah pengambilan penetuan keputusan hakim pada sebuah kasus di pengadilan negeri di Indonesia. Informasi yang diolah tidaklah sedikit, sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang tepat pula. Banyak metode yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan, salah satunya ialah metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) merupakan salah satu metode solusi yang tepat untuk menenetukan sebuah keputusan. Proses pengambilan informasi diawali dengan perkara apa yang dilakukan tersangka, kemudian dilakukan pemeriksaan lanjut lalu mengambil informasi dari saksi, penggugat dan juga tersgugat yang kemudian akan mulai masuk dalam persidangan dan keputusan hakim akan di tentukan dari setiap informasi yang di berikan baik penuntut maupun pembela. Kemudain akan di kalkulasikan dengan persamaan yang telah di tetapkan oleh UUD dan juga Keputusan Hakim. Pada akhirnya dengan metode FMADM akan sangat membantu para hakim dalam menentukan keputusan secara tepat dan jujur pada sebuah kasus di Pengadilan Negeri di Indonesia.


Full Text:

PDF

References


M.J. George, G.R. Jones, “Understanding and Managing Organizational Behavior”, 2008.

Kusumadewi S dan Purnomo H. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2004.

Kusumadewi, Sri. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya) Graha Ilmu, Yogyakarta, 2002.

Zhiping Fan, Jian Ma, “An Approach Decision Making Based On Incomplete Information On Alternative” IEEE Trans. System Sciences, vol., no. 6, pp. 6014, January 1999.

Algoritma Fuzzy Multiple Attribute Decision Making http://dhee-arh.blogspot.co.id/2013/01/laporan-spk-menggunakanmetode- fmadm.html. Diakses pada tanggal 28 November 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.