PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGUSULAN JABATAN AKADEMIK DOSEN

Indyah Hartami Santi

Abstract


Pengusulan Jabatan Akademik Dosen (JAD) pada umumnya dibuat dengan cara yang sederhana yaitu pengisian dupak di ketik secara manual.

Cara yang digunakan kurang efektif dan kurang efisien karena mempunyai keterbatasan yaitu lambat dalam perhitungan penilaian Angka Kredit (AK) dan memungkinkan terjadinya kesalahan dalam perhitungan nilai akhir AKnya. Perhitungan AK yang diusulkannyapun sering kali tidak memenuhi ketentuan yang berlaku sehingga dikembalikan untuk dilakukan pengusulan ulang, sehingga memerlukan waktu dan proses yang lebih lama. Atas dasar hal tersebut perlu dibangun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) JAD agar lebih mempermudah pihak Sumber Daya Manusia (SDM) dalam memantau proses pengusulan JAD. Dalam rancangan pembangunan SPK ini agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna perlu dilakukan pemodelan yang fungsinya untuk mencegah terjadinya kesalahan pada saat pembuatan sistem, sehingga proses menjadi lebih cepat. Dalam menganalisa dan merancang sebuah SPK diperlukan tahapan-tahapan yang terstruktur mulai dari sistem request, analisa kebutuhan akademik dan non akademik, dibentuknya Diagram Arus Data (DAD) yang dikembangkan ke pemodelan metode yang digunakan dan Entity Relational Database (ERD) serta merancang user interface dengan menggunakan metode gap.

Hasil penulisan perancangan SPK diharapkan mempermudah pemantauan terhadap kelengkapan berkas sebelum proses pengusulan JAD dengan mengupayakan ketersediaan rekomendasi yang dibutuhan.  


References


Pangkalan Data Perguruan Tinggi tanggal 8 Desember 2015.

Permenpan & RB no 17 Tahun 2013, Jabatan Akademik Dosen dan Aknya

Permenpan & RB no 46 tahun 2013, Jabatan Akademik Dosen dan AKnya.

Permendikbud no 92 tahun 2014,

Dirjen DIKTI Kemendikbud, 2014, Pedoman Operasional Penilaian AK Kenaikan Pangkat / Jabatan Akademik Dosen, Oktober 2014.

Yuwono, T, 2011, Aplikasi WEB Usulan Penetapan AK Jabatan Akademik Dosen, Magister Sistem Informasi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Firdaus, N, Andoko, B.S, Sophia, E, 2014, Desain dan Implementasi Sistem Informasi Pengajuan Jabatan Akademik Akademik Dosen Berbasis WEB pada STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang

Safitri, Susanto,S.T, I, 2013, Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Jabatan Akademik Akademik Dosen di STT Telematika Telkom Purwokerto, Yogyakarta, Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (Sentika), ISSN 2089-9815, 9 Maret 2013

Muzzakir, B, Inayatullah, Elizabeth, T, 2014, Rancang bangun system informasi perhitungan kredit poin pengajuan jenjang jabatan akademik dosen pada STMIK GI MDP Palembang, Palembang

Muzzakir, A, Kurniawan, 2014, Rancang Bangun Sistem Pengolahan Data Agka Kredit Untuk Manajemen Jabatan Akademik Dosen di Universitas Bina Darma Palembang, Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 19 Februari 2014.

Rijati, N, Widjajanto, B, 2010, Piranti Lunak Penilaian kegiatan akademik dosen dan AKnya, Prosiding seminar nasional sains dan teknologi.

Hoffman, K. D.,& Bateson, J. E. 2006. Service Marketing : Concepts, Strategy & Cases. New York : Thomson-South Western

Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Penerbit Andi, Yogyakarta

Alter, Steven, 1992, Information system : A Management Perspective. The Banjamin/ Cummings Publishing Company, inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.