EVALUASI KUALITAS LAYANAN WEBSITE E-COMMERCE BLIBLI.COM MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE

Furkonudin Furkonudin, Emi Suryadi, Darmanto Darmanto

Abstract


Website merupakan media komersial yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk melakukan kegiatan bisnis. Kualitas sebuah website e-commerce dapat mempengaruhi perkembangan dari bisnis yang dilakukan perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas website blibli.com dengan menggunakan webqual 4.0. Metode ini dipergunankan karena Webqual biasanya digunakan untuk menganalisa beberapa website diantaranya website pembelian, sekolah, pendidikan dan website internet banking. Adapun instrument-instrument penelitian yang digunakan dalam webqual 4.0 adalah usability, information quality, service interaction dan kepuasan pelanggan. Website yang dianalisis dalam penelitian ini adalah blibli.com yang merupakan salah satu website ecommerce yang ada di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan melakukan survei terhadap 44 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan terhadap variabel keputusan pembelian online secara simultan. Variabel kualitas interaksi layanan mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian online.


Full Text:

PDF

References


Alhasanah, J.U.” Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 15 No. 2 Oktober 2014

Laudon dan Laudon. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital Edisi Delapan. Diterjemahkan oleh Erwin Phillipus. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.

Mc Leod dan Schell. Sistem Informasi Manajemen Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh Heri Yulianto. Jakarta: PT Indeks. 2007.

Nugroho, Adi. E-commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung: Informatika Bandung, 2006.

Suyanto, Asep Herman. 2009. Step by Step Web Design Theory and Practices. Yogyakarta: Andi

Sanjaya, Imam.”Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0”. Jurnal Penelitian IPTEK KOM 14(1): 1 14. 2012.

Turban,. “Introduction to Electronic Commerce”. Edition 3. New Jersey, Amerika Serikat. Prentice Hall, 2011.

Yohannes, “Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya”. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik 13(2):140 146


Refbacks

  • There are currently no refbacks.