DESIGN DAN IMPLEMENTASI CLOUD STORAGE BERBASIS WEB PADA RT/RW NET MAJU JAYA

Muhamad Dany Kurniawan, Ibnu Irvan Hanafi, Thera Frista Dewi Karina Bulan, Rico Agung Firmansyah

Abstract


Cloud computing adalah sebuah mekanisme dimana kemampuan teknologi informasi disediakan bukan sebagai produk, melainkan sebagai layanan berbasis internet yang memungkinkan kita “menyewa” sumber daya teknologi informasi (software, processing power, storage, dan lainnya) melalui internet dan memanfaatkan sesuai kebutuhan kita dan membayar yang digunakan oleh kita saja. Private Cloud adalah layanan Cloud Computing, yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan internal dari organisasi/perusahaan. Biasa-nya departemen IT akan berperan sebagai Service Provider (penyedia layanan) dan departemen lain menjadi user (pemakai). Sebagai Service Provider tentu saja harus bertanggung jawab agar layanan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan standar kualitas layanan yang telah ditentukan oleh perusahaan, baik infrastruktur, platform maupun aplikasi yang ada. Cloud storage sebagai model komputasi awan yang memberikan layanan untuk manajemen berkas berdasarkan user di dalam jaringan komputer. Dimana Cloud Storage ini dapat dimanfaatkan sebagai media penyimpanan data-data penting bagi suatu instansi untuk menghindari terjadinya kehilangan data yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti, kerusakan file akibat virus, kerusakan harddisk pada komputer atau laptop dan faktor-faktor lainnya. Dengan kata lain cloud storage juga bisa dikatakan sebagai Data backup server bagi suatu instansi.


Full Text:

PDF

References


Bong,Eddy,”Paper Cloud Computing” /eddybong.blog.binusian.org/teknologi-informasi-dankomunikasi/ cloud-computing/(Diakses 3 Desember 2015)

Maxmanroe,”Cloud Storage”https://www.maxmanroe.com/cloudstorage- teknologi-penyimpanan-digital-masa-kini-2.html/(Diakses 15 Desember 2015)

Ferdi Yansyah, “Implementasi Media Penyimpanan Data Dengan Menggunakan Ftp Server Pada Pt. Suzuki Finance Indonesia Palembang”, Jurusan Teknik Informatika, STMIK PalComTech Palembang.

Fatta, H. A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Sofana, I. (2012). Cloud Computing Teori dan Praktik. Yogyakarta: Informatika Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.