IMPLEMENTASI PERCEPTUAL USER INTERFACE PADA VIRTUAL MUSIC INSTRUMENT

Rouli Munthe, Paulus Insap Santosa, Ridi Ferdiana

Abstract


Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin berkembang, tampilan antar muka menjadi tidak mudah didukung dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu dibutuhkan perluasan area penggunaan, pekerjaan, dan pilihan yang dapat membuat antar muka menjadi lebih alami, intuitif dan tidak menganggu. Perceptual User Interface (PUI) menjadi salah satu fokus dari antar muka komputer yang membuat interaksi manusia dan komputer menjadi lebih nyata. PUI berusaha mengambil keuntungan kemampuan antara manusia dengan kemampuan persepsi mesin atau sistem. Pengembangannya dapat dilakukan dengan berbagai cara melalui teknologi seperti speech, vision, natural language, haptik, penalaran, serta lingkungan virtual musik, dengan memahami ekspetasi, batasan dan kemampuan persepsi dan semantik alami dari interaksi manusia. Oleh karena itu, makalah ini akan menunjukkan beberapa implementasi dari perceptual user interface pada virtual music instrument pada penelitian-penelitian sebelumnya sehingga dapat digunakan sebagai tambahan pengetahuan dan gagasan baru dalam mengembangkan strategi antar muka pengguna bagi penelitian-penelitian selanjutnya.


References


L. Meeanan and A. Trangansri, “The Edutainment of Virtual Music Instrument for Thai Xylophone ( Ranad-ek ),” pp. 546–547, 2012.

M. Turk and G. Robertson, “Perceptual user interfaces (introduction),” Commun. ACM, vol. 43, no. 3, pp. 32–34, 2000.

M. Turk and M. K, “Perceptual Interfaces,” p. 45, 2003.

S. Goto, “Virtual Musical Instruments : Technological Aspects,” Trends Gestural Control Music, pp. 217–230, 2000.

M.-H. Hsu, W. G. C. W. Kumara, T. K. Shih, and Z. Cheng, “Spider King: Virtual musical instruments based on microsoft Kinect,” 2013 Int. Jt. Conf. Aware. Sci. Technol. Ubi-Media Comput. (iCAST 2013 UMEDIA 2013), pp. 707– 713, 2013.

J. Leonard and C. Cadoz, “Physical Modelling Concepts for a Collection of Multisensory Virtual Musical Instruments,” pp. 150–155, 2015.

S. S. Russo, P. Maes, and J. Rekimoto, “MoveMe : 3D Haptic Support for a Musical I nstrument,” 2015.

A. G. Moore, M. J. Howell, A. W. Stiles, N. S. Herrera, and R. P. Mcmahan, “Wedge : A Musical Interface for Building and Playing Composition - Appropriate Immersive Environments,” pp. 205–206, 2015.

T. Mäki-Patola and T. Maki-patola, “User Interface Comparison for Virtual Drums,” Proc. Int. Conf. New Interfaces Music. Expr., no. 1, pp. 144–147, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.