RANCANGAN PIRANTI LUNAK PEMBANTU PEMETAAN URUSAN PEMERINTAH DAERAH

Anwar Fuadi

Abstract


Undang-Undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan perubahan pembagian kewenangan untuk setiap urusan pemerintahan. Dengan demikian UU ini menuntut dilakukannya revisi Peraturan Pemerintah nomor 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (PP41) dengan segera. Kemendagri harus mengkoordinasikan seluruh Kementrian dan Lembaga, serta seluruh pemerintah daerah untuk memetakan urusan pemerintahan yang akan digunakan sebagai dasar penyusunan pengganti PP41. Untuk memudahkan dan mempercepat proses penyusunan, Kemendagri memutuskan untuk menggunakan bantuan piranti lunak. Penelitian ini akan membuat desain piranti lunak dengan menggunakan notasi diagram-diagram UML (Unified Modeling Language). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis riset terapan berdasarkan studi kasus tersebut di atas. Penelitian ini menghasilkan 1 use case diagram, 3 activity diagram, 1 class diagram, dan 2 sequence diagram.  


Full Text:

PDF

References


Sparx Systems. UML 2 Tutorial. sparxsystems.com. [Online] [Cited: November 22, 2015.] http://www.sparxsystems.com/resources/uml2_tutorial/.

Indonesia, Republik. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomer 41 tahun 2007 tentang Organisasi Pemerintah Daerah. 2007.

—. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.