PENERAPAN COBIT FRAMEWORK UNTUK MENILAI PENGELOLAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN (STUDI KASUS PADA KLINIK “XYZ” YOGYAKARTA)

Sugeng Winardi

Abstract


Di dalam dunia industri penggunaan teknologi informasi pada saat ini sudah menjadi kebutuhan yang mutlak. Hampir di segala bidang industri dan perusahaan tidak bisa dilepaskan dari adanya teknologi informasi. Demikian juga di dalam industri rumha sakit atau klinik. Penggunaan teknologi informasi sangat terkait erat dengan pelayanan, pengelolaan keuangan, data pasien serta untuk dokumentasi rekam medic pasien. Dengan adanya teknologi informasi yang sudah diterapkan, maka perlu adanya penilaian sudah sejauh manakah tingkat kematangan pengelolaan teknologi informasi di organisasi tersebut dengan menggunakan fasilitas (tools) yang sudah biasa diterapkan. Dengan adanya penilaian tersebut diharapkan bisa menjadi pedoman untuk pengambilan keputusan guna meningkatkan kinerja organisasi ke arah yang lebih baik di masa mendatang.


Full Text:

PDF

References


IT Governance Institute (2007a), “COBIT 4.1 Framework, Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models”, IT Governance Institute. IT Governance Institute (2007b), “IT Governance Implemetation Guide”, IT Governance Institute. IT Governance Institute (2008a), “IT Governance and Process Maturity”, IT Governance Institute. Luftman, Jerry N, 2004, Managing the Information Technology Resource, Pearson Education, Inc., New Jersey. Permenkes RI, 028/Menkes/Per/I/2011, 2001 tentang Klinik. Sasongko, Nanang, 2009, Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit Versi. 4.1, Ping Test Dan Caat Pada Pt.Bank X Tbk. Di Bandung, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (Snati 2009), ISSN: 1907- 5022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.