APLIKASI TEST PERSONALITY DAN LEARNING STYLE INVENTORY BERBASIS WEB UNTUK MAHASISWA UNIVERSITAS KLABAT

Putri Utami Nugroho, Angelia Priskila Pajow, Andrew Tanny Liem

Abstract


Penggunaan tes kepribadian saat ini menjadi suatu bagian yang sangat penting dalam pengukuran terhadap individu. Terdapat 2 jenis tes yang berbeda sesuai dengan tujuan pengukurannya. Pertama, personality test untuk mengetahui karakter kepribadian individu dalam berbagai aspek. Kedua, learning style inventory test untuk mengetahui perbedaan sistematis dalam pola sifat dan kebiasaan individu guna memperoleh dan memproses informasi dalam situasi belajar.

Pada penelitian ini dibuat suatu aplikasi untuk mengukur kepribadian dan gaya belajar mahasiswa khususnya di Universitas Klabat. Mahasiswa akan mengisi setiap soal yang di random pada aplikasi. Hasil dari kedua tes ini, mahasiswa dapat mengetahui kelebihan untuk ditingkatkan dan kelemahan untuk diperbaiki. Mahasiswa dapat mengetahui gaya belajar yang sesuai, serta Dosen dapat mengetahui perbedaan dari masing-masing mahasiswanya dalam memperoleh dan memproses informasi dalam situasi belajar.


Full Text:

PDF

References


F. Littauer, Personality Plus. Jakarta, Indonesia: PT. Rosdakarya, 2006

R. Atkinson, Pengantar Psikologi, 2nd ed. Jakarta, Indonesia: Erlangga, 1997.

D. Wijayanti, Tes Kecakapan (IQ) dan Tes Kepribadian. Surabaya, Indonesia: DNOffset, 2009.

M. Heni, "Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadian dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Menengah Pertama," Jurnal Makara Sosial Humaniora, vol. 14, pp. 65-74, July 2010.

M. J. Dewiyani, "Menanamkan Pendidikan Karakter Berbasis Perbedaan Tipe Kepribadian Pada Matakuliah Matriks dan Transformasi Linear di STIKOM Surabaya," Jurnal Edumatica, vol. 1, pp. 25-34, October 2011.

D. A. Kolb, Experiental Learning: Experience As The Source of Learning and Development. New Jersey: Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, 1984.

Supeno, "Korelasi Antara Gaya Belajar dan Kecerdasan Majemuk dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas II SMU Masehi 1 PSAK Semarang," in tesis. Program Pasca Sarjana UKWS, Salatiga, 2003.

A. Y. Kolb and D. A. Kolb. (2005, May) The Kolb Learning Style Inventory Version 3.1 Technical Specifications.[Online]. http://learningfromexperience.com/media/2010/08/tech_spec_lsi. pdf

L. Oenardi, "Pembelajaran Berbasis Web Sebagai Metoda Komplemen Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan," Jurnal Unitas, vol. 9, pp. 44-58, February 2001.

J. A. Hoffer, M. B. Prescott, and H. Topi, Modern Database Management. New Jersey: Pearson Education, 2009.

N. S. Dermawani, "Aplikasi Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL pada International Education Centre, inc," in USU Repository. Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia, 2008.

Y. M. K. Ardhana, Pemrograman PHP: CodeIgniter. Jakarta: Jasakom, 2013. A. R. Mulyanto, Rekayasa Perangkat Lunak, 1st ed. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.