PENGGUNAAN EXPERT SYSTEM DALAM PEMILIHAN VARIETAS PADI BERDASARKAN KONDISI LAHAN STUDI KASUS: GAPOKTAN DS. KLECO, KEC. WUNGU - KAB. MADIUN

Ari Suhartanto, Sucipto Sucipto

Abstract


Petani di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Madiun khususnya sering didapati mengalami gagal panen yang salah satunya disebabkan kesalahan memilih bibit padi karena kurang sesuai dengan tekstur tanah, kandungan unsur hara, musim yang sedang berjalan serta kesalahan perawatan tanaman. Kesalahan ini diderita karena kurangnya informasi mengenai karakteristik bibit yang ditanam dan kurangnya informasi mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk menangani lahan yang dimiliki terhadap perubahan musim yang mendadak. Dalam persaingan pasar hasil pertanian domestik serta memanfaatkan peran teknologi informasi dan multimedia untuk menjawab tantangan ekonomi kreatif pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), maka diperlukan sistem informasi yang berbasis pengetahuan mengenai jenis bibit padi dan cara pengolahan lahan dengan jenis bibit yang diterapkan pada satu kelompok tani sebagai sarana penunjang pengetahuan petani pada rumpun terdalam organisasi masyarakat bidang pertanian. Pada penelitian yang dijalankan pada GAPOKTAN Desa Kleco, Kec. Wungu Kab. Madiun ini menghasilkan satu sistem pakar yang berfungsi untuk memberikan informasi jenis varietas padi tertentu yang sesuai dengan kondisi lahan, musim yang sedang berjalan dan memberikan informasi penjelasan cara pemeliharaannya..  


Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pertanian Nomor 82/Permentan/Ot.140/8/2013 tentang Pedoman Pembinaan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani.

Darmadji, Analisis Kinerja Usahatani Padi Dengan Metode System Of Rice Intensification (Sri) di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal WIDYA AGRIKA BIDANG ILMUILMU PERTANIAN, Vol. 9 No. 3 ISSN : 1693-6981, 2011.

Kesmayanti, N & Evriani M, Identifikasi Karakter Agro- Morfologi Varietas Padi (Oryza Sativa L.) Potensial Lahan Pasang Surut, Jurnal Ilmiah AgrIBA, No2 Edisi Maret Tahun 2014. ISSN: 2303 – 1158, 2014.

Laksmi dkk, Analisis Efisiensi Usahatani Padi Sawah (Studi Kasus di Subak Guama, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan), EJournal Agribisnis dan Agrowisata, ISSN: 2301-6523 Vol. 1, No. 1, Juli 2012.

Rahayu dkk, Penyimpanan Benih Padi Menggunakan Berbagai Jenis Pengemas - Storage of Rice Seed in Different Packages . Agrin, Vol. 15, No. 1, April 2011 . ISSN: 1410-0029, 2011.

Wardie, J, Analisis Keberlanjutan Usahatani di Lahan Pasang Surut Kabupaten Kapuas, Jurnal Widya Agrika Bidang Ilmu-Ilmu Pertanian, Vol. 9 No. 3 ISSN : 1693-6981, 2011.

Sutojo dkk, Kecerdasan Buatan, Yogyakarta:CV. Andi Offset, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabet, 2012 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.