ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM PENINGKATAN KINERJA PROMOSI PADA PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA)

Heri Indrianto, Imanuel Susanto, Agustinus Fritz Wijaya

Abstract


Perkembangan yang pesat dalam dunia teknologi juga sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan berkomunikasi terutama dalam rangka meningkatkan kinerja melalui media promosi online pada perguruan tinggi. Era globalisasi telah memajukan teknologi komunikasi ini dapat dilihat dengan dimanfaatkannya media sosial untuk menciptakan peluang – peluang menyusun strategi promosi yang kreatif serta merencanakan program promosi yang efektif untuk menghasilkan sesuatu yang besar. Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga (FTI – UKSW) adalah fakultas yang berdiri sejak tahun 2003 dengan keberadaan fakultas yang semakin berkembang pesat, kegiatan promosi adalah salah satu cara yang dilakukan oleh fakultas untuk mendapatkan calon mahasiswa pada setiap tahunnya agar dapat mendaftar pada fakultas ini. Saat ini cara melakukan promosi secara konvensional dirasa kurang efektif karena akan berimplikasi pada biaya yang dikeluarkan maka dari itu untuk tujuan mendukung dan meningkatkan kinerja promosi FTI – UKSW, maka digunakan sarana media sosial sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan kinerja bagian promosi sehingga tujuan yang akan dicapai dalam penggunaannya akan optimal. Pada penelitian yang dilakukan di FTI – UKSW dengan melihat objek pada bagian promosi yang mana dengan tahapan dilihat dengan cara pengambilan data, analisis, pendekatan Technology Acceptance Model (TAM), menguji model, serta memberikan rekomendasi dalam rangka meningkatkan kinerja promosi fakultas.

Kata kunci: Analisis, media sosial, Facebook, Technology Acceptance Model, promosi, perguruan tinggi.


Full Text:

PDF

References


. Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein (2010) “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media”. Business Horizons 53(1): 59–68. [2]. Lee, Y., Kozar, K.A., dan Lrsenm, K.R.T., 2010, “The technology Acceptance Model: Past, Presents, and Future’ in Communication of the Association for Information System”, pp. 752-780. [3]. Rangkuti, Freddy. 2009. “Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. [4]. Venkatesh, Viswanath and Fred D. Davis. 2000. “A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies”. Management Science 46(2), pp 186- 204


Refbacks

  • There are currently no refbacks.