PERBANDINGAN KINERJA PENGENDALI LAMPU LALU LINTAS METODE FUZZY TIPE SUGENO DENGAN METODE WAKTU TETAP

Erwan Eko Prasetiyo

Abstract


Kemacetan lalu lintas merupakan masalah penting yang harus diselesaikan. Konsep pengendalian lampu lalu lintas adaptif perlu dikembangkan untuk meningkatkan arus lalu lintas menjadi lebih baik. Kendali logika fuzzy dapat digunakan untuk menentukan durasi waktu lampu hijau di sebuah persimpangan dengan mempertimbangkan keadaan lalu lintas di sekitarnya. Makalah ini memaparkan desain pengendali lampu lalu lintas adaptif dengan tiga masukan, yaitu jumlah antrian kendaraan, waktu tunggu dan laju kendaraan yang menuju persimpangan. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan kinerja antara pengendali lampu lalu lintas adaptif menggunakan metode fuzzy tipe Sugeno dengan metode waktu tetap. Desain yang dibuat kemudian diaplikasikan dalam sebuah simulasi untuk mengamati jumlah antrian, waktu tunggu dan jumlah kendaraan yang dilewatkan di sebuah persimpangan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa lampu lalu lintas dengan kendali logika fuzzy dapat bekerja secara adaptif, jumlah antrian menjadi lebih sedikit dan jumlah kendaraan yang dilewatkan lebih banyak, tetapi waktu tunggunya menjadi lebih lama jika dibandingkan dengan metode waktu tetap.


Full Text:

PDF

References


L. Wu, X. Zhang, and Z. Shi, “An Intelligent Fuzzy Control for Crossroads Traffic Light,” 2010 Second WRI Glob. Congr. Intell. Syst., pp. 28–32, Dec. 2010 M. G. H. Kulkarni and M. P. G. Waingankar, “Fuzzy Logic Based Traffic Light Controller,” no. August, pp. 8–11, 2007 J. Favilla, “Fuzzy Traffic Control: Adaptive Strategies,” pp. 506–511 L. G. Rhung, A. C. Soh, R. Z. A. Rahman, and M. K. Hassan, “Fuzzy traffic light controller using Sugeno method for isolated intersection,” SCOReD2009 - Proc. 2009 IEEE Student Conf. Res. Dev., pp. 501–504, 2009. K. Tze, K. Teo, K. Yeo, S. E. Tan, Z. W. Siew, and K. G. Lim, “Design and Development of Portable Fuzzy Logic based Traffic Optimizer,” pp. 7–12, 2013. Mangapul P.Tambunan”Faktor Dominan Kemacetan Lalu Lintas Jalan Raya” Departemen Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia Badan Pusat Statistik, “Perkembangan Jumlah Kendaran Bermotor Menurut Jenis,” diakses dari http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&idsubyek=17& notab=12 Kementrian Perhubungan, “Transportasi Kota Jakarta Mengkhawatirkan,” diakses dari http://bstp.hubdat.web.id/index.php?mod=detilSorotan&idMenu Kiri=345&idSorotan=54 I. B. Alit Swamardika, “Simulasi Kontrol Lampu Lalu Lintas Sistem Detektor Dengan Menggunakan PLC Untuk Persimpangan Jalan Waribang-Wr. Supratman Denpasar,” vol. 4, no. 2, pp. 1–5, 2005. A. Hegyi, B. De Schutter, S. Hoogendoornt, R. Babusw, H. Van Zuylent, and H. Schuurmant, “A Fuzzy Decision Support System for Traffic Control Centers,” pp. 358–363, 2001 Jang, J.S.R., Sun, C.T., Mizutani,E., “Neuro-Fuzzy and Soft Computing,” Prentice-Hall International, New Jersey, 1 – 89, 1997 The MathWork. Fuzzy Logic Toolbox User’s Guide, The Mathworks,Inc.2013. S. Kusumadewi, “Analisis dan Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Tool Box Matlab”,2002- Graha Ilmu W. Yong, “A cooperative fuzzy control method for traffic lights,” vol. 7, pp. 185–188, 2001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.