PERANCANGAN APLIKASI DOA DAN WIRID HARIAN MUSLIM BERBASIS ANDROID

Imran Djafar, Herlinda Herlinda

Abstract


Fenomena yang sering terjadi di kalangan masyarakat muslim adalah dewasa ini, masih banyak yang kurang memahami ibadah-ibadah sunnah di luar kewajiban ibadah wajib. Tersebarnya berbagai ajaran tentang doa dan wirid yang tidak memiliki dasar yang kuat dari kitabullah dan sunnah rasul. Oleh sebab itu, sebagai sumbangsih dari peneliti, maka kami tergerak untuk ikut andil dalam merancang sebuah aplikasi yang kami harap mampu memudahkan umat muslim dalam mengetahui amalan yang disunnahkan ini dengan berdasar pada kitabullah dan sunnah rasul.

 Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan mobile android sebagai media yang sedang populerdengan kemudahan dan fleksibilitas dalam penggunaannya. Dalam Penelitianini, peneliti menggunakan metode Exchange Sort untuk sistem pengurutan datanya, dimana data dibandingkan satu dengan yang lain sehingga selalu ada data yang menjadi elemen pusat, metode ini paling mudah diaplikasikan ke program, dan aplikasi ini diuji dengan White Box testing.

 Hasil yang didapatkan pada pengujian perangkat lunak yang menggunakan metode White Box, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi Doa dan Wirid Harian Muslim yang kami rancang dikatakan bebas dari kesalahan logika dengan Independent Path, Region dan Cyclomatyc Complexity bernilai 10.


Full Text:

PDF

References


Alam, A.L. Kahar D.M (2013). Rancangan Bangun Aplikasi Pembelajaran Pengetahuan Umum Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Android. Stmik Dipanegara Makassar.

Al-Fattah, Hanif (2007). Analisis Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan Dan Organisasi Modern. Yogyakarta : Andi.

Al-Qahthani, Said bin Ali bin Wahf (2006). Agar Doa Dikabulkan berdasarkan Al-Qur’an dan as-Sunnah.Jakarta : Darul Haq.

Hasanuddin, Harnas dan Risaldi (2013). Perancangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Di Smk Negeri 1 Bantaeng. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Computer (STMIK) Dipanegara Makassar.

H, Nazruddin Safaat (2012). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : INFORMATIKA.

Ilmi, Rizah (2013).Jurnal. (http://www.rizahilmi.com). Diakses 3 Desember 2013.

Kurniadi, Indarwoko (2011). Logika Dan Algoritma Dasar Menggunakan Bahasa C++. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Nugroho, Adi (2009). Algoritma & Struktur data dengan C#. Yogyakarta : ANDI.

Rosa, A.S dan M, Shalahuddin (2011). Model Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur Dan Berorientasi Objek). Bandung : Modula.

Supardi, Yuniar. 2011. Semua Bisa Menjadi Programmer Android Basic. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Evi. Suardika, I Gede (2012). Step By Step Desain Proyek Menggunakan Uml. Yogyakarta: Andi.

Widodo, Prabowo Pudjo dan Herlawati (2011). Menggunakan UML. Bandung:Informatika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.