PEMODELAN STUDENT INTEREST GROUPS DALAM JEJARING SOSIAL KAMPUS MENGGUNAKAN GRAPH DATABASE

Ardian Prima Atmaja

Abstract


Dalam suatu komunitas seperti kampus, terdapat keanekaragaman minat dan ketertarikan terhadap banyak hal oleh individu-individu yang ada di komunitas tersebut. Keberadaan media sosial dimungkinkan dapat menghubungkan minat dan ketertarikan yang dimiliki oleh seorang individu dengan individu lainnya. Berkumpulnya individu yang memiliki kesamaan minat dapat menjadi sarana bertukar ide dan pengetahuan untuk meningkatkan hard skill bahkan soft skill. Untuk merancang sebuah sistem informasi yang dapat merepresentasikan hubungan mahasiswa dengan mahasiswa, dan mahasiswa dengan minat yang terus berkembang diperlukan sebuah model. Studi ini memodelkan Student Interest Groups atau kelompok minat/ketertarikan mahasiswa menggunakan teknologi graph database Neo4j dalam media sosial di lingkup kampus. Model dirancang menggunakan struktur graf yang berisi node, edge, dan properti untuk mewakili dan menyimpan informasi. Model yang dihasilkan dapat memudahkan pengguna untuk melakukan pelacakan mahasiswa serta pencarian minat dengan pengujian beberapa contoh pertanyaan atau query. Sehingga dalam pengembangannya, model yang dihasilkan dapat diintegrasikan dengan bahasa pemrograman web untuk sebuah sistem informasi berbasis web.


References


K. Ruohonen, Graph Theory, 2008, Tampere University of Technology.

I. Robinson, J. Webber, & E. Eifrem, Graph Database, 2015, O’Reilly Media, Sebastopol, USA

The Neo4j Manual v2.3.0.

R. V. Bruggen, Learning Neo4j, 2014, Packt Publishing, Birmingham, UK

R. P. Padhy, M. R. Patra, & S. C. Satapathy, RDBMS to NoSQL: Reviewing Some Next-Generation Non-Relational Database's, 2011, International Journal Of Advanced Engineering Sciences And Technologies.

W. Kang, S. Tan, Q. Xiao, & A. Hadi, An Investigation of No- SQL Data Stores. http://www.comp.nus.edu.sg/~ozsu/cs5225/Projects/CS5225Fin al_v15.pdf, diakses pada 10 Februari 2011.

F. Firdausillah, E. Y. Hidayat, I. N. Dewi, NoSQL: Latar Belakang, Konsep, dan Kritik, Jurnal Semantik, 2012, Semarang

http://www.cornish.edu/student_life/student_interest_groups/. Diakses 4 November 2015.

M. Lal, Neo4j Graph Data Modelling, 2015, Packt Publishing, Birmingham UK.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.