ANALISIS PENGUKURAN FAKTOR USABILITY SISTEM INFORMASI KONFERENSI NASIONAL SISTEM DAN INFORMATIKA STIKOM BALI

Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja

Abstract


Konferensi merupakan ajang pertemuan dan sharing antara pemakalah yang mengirimkan paper. Ragamnya peserta atau pemakalah yang mengikuti konferensi nasional menyebabkan diperlukannya suatu media atau sistem yang mengelola proses pendaftaran hingga pembayaran dalam konferensi. STIKOM Bali merupakan salah satu perguruan tinggi yang mengadakan konferensi nasional setiap tahunnya. Tahun 2015 KNS&I STIKOM Bali telah menggunakan sistem informasi berbasis web untuk memfasilitasi semua proses mulai dari pendaftaran makalah, submit makalah, editorial makalah, penilaian makalah sampai pembayaran. Dalam pengembangan suatu software, salah satu faktor penentu keberhasilan suatu sistem adalah usability. Pada penelitian ini dilakukan analisis pengukuran usability SI KNS&I yang digunakan oleh STIKOM Bali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari kerangka berpikir metodologi penelitian sistem informasi yaitu dimulai dari eksplorasi konsep, analisis, pengumpulan dan analisis data serta penarikan kesimpulan. Hasil pengukuran menunjukan bahwa lima indicator usability yang digunakan dalam penelitian ini berupa learnability, efficiency, memorability, error, dan satisfaction menghasilkan nilai masing-masing 0.3491, 0.372, 0.293, 0.369, dan 0.3480. Sedangkan untuk variabel usability menghasilkan nilai 0.346. Berdasarkan pengukuran, dapat disimpulkan tingkat usability atau kegunaan SI KNS&I adalah tinggi atau sangat berguna bagi user yang menggunakan sistem. 


Full Text:

PDF

References


Akhmadzain. Analisis Usability Test Terhadap Tampilan ATM konvensional BCA, Mandiri dan BNI. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika., 2008.

International Organization for Standardization. ISO 9241-11: Guidance on Usability, 1998.

Dumas, Redish,.,et al., Apractical guide to Usability Testing. John Wiley & Sons, 1999.

Hidayat, W., Ranius, Y., Ependi, U. Penerapan Metode Usability Testing Pada Evaluasi Situs Web Pemerintahan Kota Prabumulih. Jurnal Teknik Informatika, 2014.

Munaiseche, C.P., Pengujian Web Aplikasi Dss Berdasarkan Pada Aspek Usability. ORBITH. 8 (2), pp. 63 – 68, 2012.

Zakaria, T.M. Perancangan Antarmuka untuk Interaksi Manusia & Komputer. Bandung : Informatika, 2007.

Hevner, A. C., March, S., Park, J., dan Ram, S. Design Science in Information Systems Research, Management Information Systems Quarterly, 28(1), 77-105, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.