IMPLEMENTASI METODE BAYESIAN NETWORK UNTUK DECISION SUPPORT SYSTEM PADA MINI DETECTOR EARTHQUAKE

Yosep Aditya Wicaksono, Heru Agus Santoso

Abstract


Indonesia merupakan negara yang terletak antara tiga buah lempeng patahan gempa bumi. Oleh karena itu sering terjadi gempa bumi. Diperlukan metode untuk melakukan peringatan dini sehingga dapat meminimalkan jumlah korban gempa bumi. Paper ini menjelaskan implementasi metode bayesian network yang diterapkan pada mini detektor gempa. Hasil penelitian menunjukan bahwa bayesian netwok menghasilkan peringatan akurat dan informatif yang dapat digunakan sebagai peringatan dini terjadinya gempa.


Full Text:

PDF

References


T. Sutojo, E. Mulyanto dan V. Suhartono, Kecerdasan Buatan, Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

R. E.Neapolitan, Learning Bayesian Network, Amerika: Prentice Hall, 2004.

K. P. Murphy, “Dynamic Bayesian Networks:Representation, Inference and Learning,” Dissertation University of California, Berkeley, 2002.

L. Zhang, T. Tamminedi, A. Ganguli, G. Yosiphon dan J. Yadegar, “Hierarchical Multiple Sensor Fusion using Structurally,” dalam UtopiaCompression Corporation, California , 2010.

Y. A. Wicaksono, N. R. Susanto dan S. Fahriah, “Implementasi Metode Naive Bayes Untuk Detektor Gempa Sederhana Yang Tersinkronasi Dengan Handphone,” dalam Digital Information and System Conference Universitas Kristen Maranatha, Bandung, 2015.

Turban, Sistem Pendukung Keputusan, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.