IMPLEMENTASI SI TONI SEBAGAI UJIAN BERBASIS KOMPUTER PADA BISMA INFORMATIKA INDONESIA

I Komang Rinartha Yasa Negara

Abstract


Ujian merupakan salah satu kegiatan evaluasi terhadap proses belajar mengajar. Ujian yang dilaksanakan secara konvensional biasanya memiliki beberapa kendala, yaitu tidak terekamnya bank soal, soal ujian bagi setiap peserta ujian sama sehingga memungkinkan terjadinya kecurangan selama ujian, dan kendala teknis lainnya. Salah satu solusi yang memudahkan pelaksanaan ujian adalah dengan membangun ujian online, dengan peserta ujian dapat menjawab soal-soal melalui media komputer.

Ujian online merupakan salah satu solusi cerdas dalam mengatasi permasalahan ujian konvensional. Beberapa kelebihan dari implementasi ujian online adalah penilai dimudahkan dalam hal menilai jawaban siswa dan seluruh kegiatan ujian siswa dapat terekam dengan baik. Dengan terekamnya kegiatan evaluasi belajar mengajar maka pengajar dapat dengan mudah melihat perkembangan siswa didik mereka. Selain itu, melalui ujian online siswa akan diminta untuk mampu mengatasi permasalahan mereka secara mandiri, jujur, serta secara tidak langsung dididik untuk mampu memanfaatkan waktu ujian dengan baik. Dari sisi non teknis lainnya, pelaksanaan ujian online juga mendukung gerakan green IT, yaitu dengan implementasi dari teknologi mampu mengurangi dampak eksplorasi lingkungan secara berlebih. Dalam hal ini, implementasi ujian online akan mengurangi penggunaan kertas dan tinta printer. Sehingga sekolah pun berperan serta dalam perbaikan lingkungan secara tidak langsung.

SI-TONI merupakan sistem yang dibangun dengan menggunakan teknologi web yang dijalankan dengan menggunakan browser. SI-TONI dibangun dengan menggunakan database MySQL dan bahasa pemrograman PHP. Selain itu, SI-TONI juga menggunakan ajax untuk mendukung report penilaian secara realtime. Dengan responsive web design, SITONI dapat berjalan pada berbagai ukuran resolusi layar. SI-TONI mampu menghasilkan laporan berupa nilai setiap perserta menggunakan teknologi ajax dan ujian hanya dapat dilaksanakan dengan waktu yang telah diberikan.


Full Text:

PDF

References


James A Hall. Sistem Informasi Akuntansi Buku 1, Jakarta : Salemba Empat. 2001

Sri H, Wahyu P. Sistem Konsultasi Dan Laporan Pembimbingan Tugas Akhir. Seminar Nasional Informatika 2010. UPN Veteran Yogyakarta.2010.

Hendra K. Pengembangan Sistem Manajemen Reservasi Ruangan Online Dengan Zk Ajax Framework. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.2011.

S. Kartika. Rancang Bangun Sistem Informasi E-Khs Berbasis Responsive Web Design Pada Sekolah Vokasi. Stikom Bali. 2013.

Tim Kadlec. Implementing Responsive Design: Building Sites For An Anywhere, Everywhere Web. Berkeley: New Riders. 2013.

David Lane, Hugh Williams. Web Database Application with PHP and MySQL, 2nd Edition. United States of America : O'Reilly Media, Inc. 2004.

Adi Nugroho. Konsep Pengembangan Sistem Basis Data, Bandung : Informatika. 2004

Kasiman Peranginangin. Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi Publisher. 2006

Komang Rinartha. Sistem Informasi E-Krs Berbasis Responsive Web Design (Studi Kasus Politeknik Nasional Denpasar). Stikom Bali. 2013.

Vikram Vaswani. How to do Everything with PHP & MySQL. United States of America: McGraw-Hill. 2005

QZoners Web Design. Pengenalan PHP. 2006