SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DI GIRI TIRTA CIKALANG

Nono Sudarsono, Nanang Suciyono, Riyan Hardianto

Abstract


Giri Tirta Cikalang adalah salah satu tempat budidaya ikan air tawar di Kab. Tasikmalaya, Budidaya ikan dalam kolam air tawar pun naik cukup pesat yaitu berkisar 11 persen setiap tahun. Namun seringkali terdapat kasus di mana para peternak ikan air tawar tidak mengetahui jenis bibit ikan yang cocok untuk diternakkan di daerah mereka tinggal dengan kondisi suhu air yang mereka miliki, maka faktor pemilihan bibit ikan tersebut menjadi faktor penting bagi keberhasilan peternak budidaya ikan.

Perlu dibuatkan sebuah sistem pendukung keputusan budidaya ikan air tawar menggunakan metode weighted product (WP) hasil dari Sistem Penunjang Keputusan budidaya ikan air tawar ini dapat memberikan informasi mengenai jenis-jenis bibit ikan air tawar, serta membantu peternak dalam pengambilan keputusan mengenai bibit ikan air tawar berdasarkan keadaan modal, media atau tempat yang digunakan, dan kualitas air suatu daerah yang akan di budidayakan.

Kata kunci: SPK, budidaya ikan air tawar, weighted product (WP).


Full Text:

PDF

References


A, Kadir, PengenalanSistemInformasi (2010).

Pandjaitan, L.W., Dasar-Dasar Komputasi Cerdas (2009).

Suwarsito (2010) Sistem Pendukung Keputusan menentukan jenis ikan air tawar di Kabupaten Banyumas menggunakan metode Simple Additif Weighting (SAW).

RahmanSaputra (2012)Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jenis Ikan Untuk Budidaya di Desa Aranio menggunakan metode Analytical Hierarchy


Refbacks

  • There are currently no refbacks.