ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ZAKAT BERBASIS CLIENT SERVER PADA BADAN AMIL ZAKAT MASJID AGUNG BAITUL QADIM LOLOAN TIMUR

Ahmad Reza Hidayatullah, M. Rudyanto Arief

Abstract


Badan Amil Zakat Masjid Agung Baitul Qodim Loloan Timur merupakan badan amil zakat yang dibentuk oleh takmir Masjid Agung Baitul Qadim yang bertugas untuk mengelola zakat fitrah, mal, infak serta beras hadiah khususnya pada wilayah desa Loloan Timur. Petugas amil dalam proses pengumpulan sampai pada pembagian zakat, membagi tugasnya menjadi beberapa kelompok, sehingga dalam penyajian laporan dibutuhkan integrasi data antar kelompok. Peneliti menganisis dan merancang sistem informasi manajamen zakat berbasis client server agar data yang terpisah antar kelompok dapat di satukan dalam sistem yang terintegrasi, sehingga penyajian laporan di akhir kegiatan lebih mudah untuk dibuat. Sistem ini dibuat dengan bahasa pemrograman Java dan berbasiskan desktop. Sistem ini menggunakan teknologi RMI (Remote Method Invocation) dan menggunakan MySQL sebagai DBMS (database management system).  


Full Text:

PDF

References


A. Nugroho dan A. Ashari, “DCOM, CORBA, JAVA RMI: Konsep dan Teknik Dasar Pemrograman”, Jurnal Sistem Informasi, Vol.7, No.2, Oktober 2011.

S. Lestari, M. Somantri, R. R. Isnanto, “Implementasi Java RMI pada Rancang Bangun Tes Toefl Online Berbasis Web”, TRANSMISI, 13 (3), pp. 103-107, 2011.

A. P. Dwipratama, “Sistem Informasi Manajemen Zakat, Infak dan Sedekah”, Skripsi pada Fak. Sains Dan Teknologi Uin Syrif Hidayatullah Jakarta, Oktober 2012.

Jogiyanto H.M., “Analisa dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis”, Yogyakarta : Penerbit Andi, 2005.

H. Al Fattah, “Analisi & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern”, Yogyakarta:Penerbit Andi, 2007.

Rosa A.S. dan M. Salahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek”, Bandung : Informatika, 2013.

E. Utami dan A.D. Hartanto,“Sistem Basis Data menggunakan Microsoft SQL Server 2005”, Yogyakarta : Penerbit Andi, 2012.

W. Komputer, “Panduan Aplikatif dan Solusi Membuat Aplikasi Client Server dengan Visual Basic 2008”, Yogyakarta : Penerbit Andi, 2010.

B. Susanto, “Pemrograman Client/Server dengan Java2”, Jakarta : Elex Media Komputindo, 2003.

A.H. Yasin, “Panduan Zakat Praktis”, Jakarta : Dompet Dhuafa Republika, 2011.

A. Gaus, “Filantropi dalam Masyarakat Islam”, Jakarta : Elex Media Komputindo, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.