SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMBERIAN BANTUAN SISWA MISKIN DI SD NEGERI SUKAMENAK KOTA TASIKMALAYA MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

Nono Sudarsono, Teten Nuraen, Sri Rahmawati

Abstract


Bantuan Siswa Miskin (BSM) merupakan program pemerintah untuk penanggulangan anak usia sekolah yang putus sekolah yang diakibatkan dari kurangnya biaya atau kemiskinan. Program tersebut telah dijalankan diberbagai daerah, dan seluruh sekolah Negeri dan Swasta termasuk di SD Negeri 3 Sukamenak Kota Tasikmalaya. Dalam pemberian bantuan tersebut, terlebih dahulu diperlukan penilaian kriteria secara teliti dan terinci, agar menghasilkan suatu keputusan yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Dalam penelitian ini akan dibuat sebuah sistem penunjang keputusan (SPK) untuk memudahkan dalam pemilihan siswa yang layak medapatkan bantuan, serta memanfaatkan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) sebagai metode keputusannya. TOPSIS didasarkan pada konsep dimana alternatif terpilih yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, tetapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Kriteria yang akan dijadikan penghitungan adalah penerima kartu perlindungan sosial, Pendapatan orangtua, jumlah tanggungan, Keadaan orangtua, Pretas, Kelas, dan Nilai rapot. Penghitungan tersebut akan diimplementasikan pada Delphi 7, database Microsoft Access 2007. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, dan metode perancangan perangkat lunak menggunakan model SDLC (System Depelovement Life Cycle).

Dari penelitian ini diharapkan adanya pengembangan terhadap program aplikasi ini, untuk meningkatkan efisiensi kegunaannya dan melengkapi kekurangankekuranagan yang ada.

Kata kunci: BSM, Sistem Pendukung Keputusan, Topsis, Kriteria

Full Text:

PDF

References


Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sisten Pendukug Keputusan, Yogyakarta: Andi, 2008.

(Hwang, 1981)(Zeleny, 1982).

Menurut Keen dan Scoot Morton (2006:15):


Refbacks

  • There are currently no refbacks.