IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI UPTD SMA NEGERI 1 GONDANG

Intan Nur Farida, Eka Mustikasari

Abstract


Penerimaan calon peserta didik baru yang berkompetendapat menunjang mutu dan kualitas sekolah. Selalumeningkatnya jumlah peserta didik yang melakukanpendaftaran menyebabkan panitia tidak dapat mengelolasemua kebutuhan data dengan baik. Yaitu mulai prosespendaftaran, tes masuk hingga penentuan kelasunggulan. Sehingga perlu pengembangan prosespenerimaan peserta didik baru agar dapat menyeleksipeserta didik yang unggul, berprestasi dan berkualitas.Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanamengimplementasikan metode Weighted Product dalamsistem pendukung keputusan penerimaan peserta didikbaru dan penentuan kelas unggulan. Penelitian inidilakukan dengan cara wawancara dengan tim panitiapenerimaan dan pengambilan data nilai peserta didiksesuai dengan kriteria yang ditentukan. Dalamperhitungannya penelitian ini menggunakan metodeWeighted Product. Metode ini merupakan metode yangcukup sederhana sehingga mudah diimplementasikanuntuk menentukan peserta didik yang akan diterimasebagai peserta didik baru dan peserta kelas unggulan.Penelitian ini menghasilkan sistem yang dapatmenunjukkan peserta didik yang diterima di UPTD SMANegeri 1 Gondang dan siswa yang masuk kelasunggulan.


Full Text:

PDF

References


Kusumadewi, S., Hartati,S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Heriansyah, Dedi, Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru dengan Pendekatan Metode Pada SMA Dharmawangsa, Jurnal, AMIKOM, Yogyakarta, 2013.

Friatna, Feri, Implementasi Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penjurusan di SMAN 1 Lebakwangi, Jurnal, Universitas Kuningan, 2013.

Syaukani, M, Hari, K, Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Dengan Metode Fuzzy Weighted Product Untuk Diagnosis Penyakit Pneunomia, Jurnal, Universitas Gadjah Mada, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.