SISTEM PAKAR PENDETEKSI KERUSAKAN PRINTER BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA FORWARD CHAINING

Milawati Hartono, Eko Nur Muhammad Irsyad

Abstract


Sistem pakar dengan kemampuan mendiagnosa kerusakan printer merupakan sistem yang menggunakan pengetahuan dan penalaran manusia yang ditangkap komputer untuk memecahkan suatu masalah yang biasanya membutuhkan keahlian pakar. Tujuan pembuatan aplikasi sistem pakar ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengetahui informasi lebih cepat mengenai berbagai macam jenis kerusakan printer.

Sistem ini berbasis Web dengan menggunakan Desain Adobe Dreamwaver, bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Dalam proses penarikan kesimpulan sistem menggunakan algoritma Forward Chaining dimana gejala kerusakan dan aturan algoritma ditentukan oleh pakar dan pengguna hanya memilih fakta yang menurutnya merupakan gejala kerusakan printer yang dialami.

Hasil yang diperoleh dari pembuatan aplikasi ini bahwa informasi tentang kerusakan terkait dapat lebih mudah diperoleh dengan dibuatnya suatu sistem pakar untuk mendeteksi kerusakan printer dan dapat digunakan serta dipelajari dengan mudah oleh masyarakat umum.


Full Text:

PDF

References


Suriyanti, “Aplikasi Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Printer dengan Case Based Reasoning”, Volume : V, Nomor: 3, Desember 2013.

A. Haris Rangkuti, Septi Andryana, "Deteksi Kerusakan Notebook dengan Menggunakan Metode Sistem Pakar", Artificial, Vol.3, No.1, Januari 2009.

Ivon Idiego, “Forward Chaining dan Backward Chaining”, Madiun: 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.