PEMBUATAN APLIKASI PEMINDAI UANG KERTAS DENGAN ALGORITMA VIOLA-JONES

Sidik Hadi Kurniadi, Akhmad Adi Edvanto

Abstract


Mengidentifikasi uang kertas secara manual menggunakan jari memiliki keterbatasan. Penginderaan manusia seperti indra peraba yang berbeda pada setiap orang. Orang yang terbiasa bekerja halus dan orang yang biasa bekerja kasar memiliki penginderaan yang berbeda. Utamanya bagi tunanetra akan sulit untuk melakukan identifikasi mata uang secara manual. Untuk dapat mengidentifikasi mata uang pada suatu citra digunakan metode Viola-Jones yang merupakan metode pendeteksian obyek dengan menggabungkan Haar Like Feature, Integral image, AdaBoost Machine-Learning, dan Cascade Classifier. Dari hasil pengujian, tingkat keberhasilan pengenalan uang kertas berdasarkan identifikasi gambar sebesar 96,43%. Selain itu aplikasi yang dibuat dapat digunakan dengan mudah melalui perintah suara dan sangat cocok digunakan bagi tunanetra.  


Full Text:

PDF

References


Viola P, Jones M, “Robust Real-time Object Detection”, IJCV, Vancouver, Canada , 2001.

J.D.Brand and Dr. J.S.D.Mason, Visual Speech:”A Physiological or Behavioral Biometric?”, Department of Electrical Engineering, University of Wales, Swansea, U.K.

Riha Z, Matyas V, “Biometric Authentication Systems”, Report Series, Faculty of Informatics Masaryk University, 2000.

Purnomo HM, Muntosa A, “Konsep Pengolahan Citra Digital dan Ekstraksi Fitur, Graha Ilmu Edisi Pertama”, Yogyakarta, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.