PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN STOK MAKANAN DAN MINUMAN PADA RESTORAN NZIP

Bangun Budiarto, Nabila Opier, Agung Dwi Saputro, Ahmad Heru Mujianto, Aldo Sahala, Joko Prayitno

Abstract


Pada restoran NZIP, pengendalian stok makanan dan minuman masih bersifat manual, di mana pelayan perlu bolak-balik ke dapur untuk mengecek ketersediaan menu yang dipesan oleh pelanggan. Oleh karena itu, dirancanglah suatu sistem informasi manajemen stok berbasis client-server untuk memantau stok makanan dan minuman pada restoran NZIP dengan lebih mudah dan otomatis. Sistem pemesanan menu ini menggunakan aplikasi mobile pada sisi pelanggan dan aplikasi desktop pada bagian dapur. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Rapid Application Development (RAD), dengan desain perangkat lunak berorientasi objek Unified Modeling Language (UML). Untuk menguji rancangan penelitian ini diasumsikan seorang pelanggan melakukan pemesanan ketika stok makanan dan minuman di dapur akan habis. Hasilnya pada sistem yang terpasang pada bagian dapur akan memunculkan pesan pemberitahuan bahwa stok akan habis. Dengan demikian, bagian dapur dapat melakukan penambahan stok sehingga stok menu selalu tersedia dan tidak ada lagi pelanggan yang merasa kesal dan kecewa. 


Full Text:

PDF

References


A.F. Wiradisastra, "Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada PT. L’Essential Cosmeceutical Innovation", Skripsi, 2014.

K.C. Laudon dan J.P. Laudon, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta: Penerbit Salemba, 2014.

D. Sawitri, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan Barang 'Electrolux Authorized Service CV. Momentum Teknik'", Skripsi, 2009.

D. Meilani dan Miftahuddin, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan (Studi Kasus: PDAM Tirta Sakti Kabupaten Kerinci)", Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 2011.

H. Yani, P.A. Jusia, H. Rohayani, "Analisis dan Perancangan Sistem Manajemen Network Berbasis Virtual Local Area Network (Studi Kasus: PT. Sumbertama Nusa Pertiwi)", in Proc. Semnasteknomedia 2013, pp.21-1, Januari 19, 2013.

A. Heriadi dan D.H. Satyareni. "Rancang Bangun Ujian Online dengan Optimasi Pemilihan Soal". in Proc. Semnasteknomedia 2013, pp.11-20, Januari 19, 2013.

A. Nugroho, Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2011.

H.H. Yusuf, "Sistem Pendukung Keputusan Auto Learning Dengan Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3) (Studi Kasus: Penjurusan Siswa SMA)", Skripsi, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.