PENYUSUNAN GUIDELINE DESAIN PEMBELAJARAN PADA E-LEARNING PEMBELAJARAN AL-QUR’AN

Senie Destya, Isnanto Prasetyo, Rizky Rizky

Abstract


Penyusunan kurikulum e-learning pembelajaran alqur’an membutuhkan perncanaan yang baik, hal tersebut sangat dibutuhkan organisasi pengembang sistem untuk dapat bersaing dengan pengembang aplikasi di Masyarakat Ekonomi Asean. Salah satu model pengembangan e-learning yang dikenal dengan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) membahas tentang pentingnya peran desainer pembelajaran dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, dengan metode dan porsi yang tepat. Namun, kurangnya ketersediaan guideline membuat peneliti berfikir untuk menyusun panduan yang didapat dari menggabungkan dan menambah beberapa metode dan komponen pada desain pembelajaran al-qu’an. Hasil dari guidline ini dapat memudahkan desainer pembelajaran merancang elearning yang efektif dan efisien di masa depan.


Full Text:

PDF

References


Suriadhi Gede, Tastra I Dewa Kade, Suwatra Wayan Ign, 2014, Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, Volume: 2 No. 1

Azis Asmawati Andi, Adnan, Faisal, E-Learning pada Mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia: Alternatif untuk Menunjang Perkuliahan yang Lebih Efektif, Jurnal Sainsmat Halaman 38-46 Vol. III, No. 1 ISSN 2086-6755

Effendi, E, Zhuang, H, 2005, e-learning, Konsep dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta

Romiszowski, A.J. 1996. System Approach to Design and Development. Dalam Plomp, T. & Ely, D.P. (editor in chiefs). International Encyclopedia of Educational Technology. Oxford: Pergamon Press, halm. 37-43.

Fleming, Neil & Baume, David.(2006).Learning Style Again: VARKing Up The Right Tree!.Jurnal Akademik vol 11, No.137. New Zeeland

Prawiradilaga Salma Dewi, Mozaik Teknologi Pendidikan Elearning, Penerbit Kencana Prenadamedia Group, Jakarta, 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.