SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI KEMAMPUAN OTAK PADA ANAK SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN ALGORITMA BACKWARD CHAINING

Galih Hermawan, Muhammad Qadhafi Laksono, Davit Styo Anggoro

Abstract


Mengetahui kemampuan otak anak pada usia 7 sampai 12 tahun sangat baik untuk membuat orang tua dan guru menjadi lebih selektif dalam menentukan metode pembelajaran yang cocok untuk diterapkan kepada anak. Dalam metode pembelajaran yang diterapkan oleh para orang tua dan guru kepada anak kebanyakan, merupakan metode yang sama, sedangkan kemampuan otak pada setiap anak berbeda. Melalui aplikasi ini kita dapat mengetahui kecenderungan kemampuan otak yang dimiliki oleh masing–masing anak, apakah itu cenderung ke otak kanan atau cenderung ke otak kiri. Melalui aplikasi ini juga dapat ditemukan solusi metode pembelajaran yang tepat untuk lebih mengembangkan bakat anak Dari penelitian ini didapatkan hasil analisa dan solusi kemampuan otak pada anak yang menggunakan algoritma Backward Chaining. Tujuan dari algoritma ini mengambil pilihan terbaik dari banyak kemungkinan. Algoritma ini merupakan cara yang efisien untuk memecahkan masalah yang dimodelkan sebagai masalah pemilihan terstruktur.


Full Text:

PDF

References


S. A., "Program Ekstensi S1 Ilmu Komputer Departemen Ilmu Komputer FMIPA USU Medan," Analisa dan Perancangan Aplikasi Sistem Pakar dengan Metode Backward Chaining untuk Mendiagnosis Penyakit Tanaman Kopi, 2011.

Kusrini, Sistem Pakar, Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi, 2006.

Kusrini, Aplikasi Sistem Pakar, Yogyakarta: Andi Offset, 2008.

K. R. Philip Carter, Memaksimalkan Kemampuan Otak Anda : 1000 Cara Baru Meningkatkan Kecerdasan, Jakarta Barat: INDEKS, 2012.

J. Medina, Brain Rules : 12 Kedahsyatan Otak di Tempat Kerja, Sekolah dan Rumah, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.