BENCHMARK WEBSITE BHINEKA.COM DAN ELEVENEIA.CO.ID DENGAN METODE WEBQUAL

Taufik Fitriyadi, Alimuddin Yasin, Rahmat Hidayat

Abstract


Penelitian ini menyajikan data hasil survey yang dilakukan oleh penulis dalam mengkaji perbandingan website E-COmerce. Dengan semakin berkembangnya teknolgi E-commerce, khusunya di indonesia menyebabkan persaingan ketat di antara bisnis yang bergerak di bidang yang sama. Semakin maraknya Ecommerce yang memanjakan konsumen dalam berbelanja online, menyebabkan pelanggan selektif dalam memilih situs yang sesuai dengan kebutuhannya dalam hal pelayanan maupun proses bahkan dari sisi tampilan antarmuka yang menajakan konsumen.
WebQual merupakan metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna. WebQual disusun berdasarkan 3 dimensi yang membentuk kualitas desain web content sesuai dengan yang dipaparkan oleh Barnes dan Vidgen yaitu kualitas informasi website, kualitas desain website, dan kualitas penggunaan.
Hasil dari penelitian ini berupa data yang diolah berdasarkan hasil dari survey yang dilakukan oleh penulis dengan pendekatan pertanyaan yang dibuat berdasrkan metode WebQual. Bhinneka.com mengungguli nilai dari elevenia.co.id dari 4 sisi yang ditonjolkan dengan rata – rata selisih nilai yang tidak terlampau jauh.

Full Text:

PDF

References


Pingky Stella Rosita dkk, “Benchmarking website e-commerce menggunakan teknik pengukuruan webqual” Sentika. ISSN: 2089-9813, pp. 190-198, Maret,2014

Arientawati, "Perbandingan mutu website internet banking antara dua bank dengan metode webqual 4.0". Universitas Gunadaram.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma , Perspektif e-Business, (Tinjauan Teknis, Manajerial dan Strategi), ANDI, Yogyakarta, 2001.

Emulti, D., The Perceived Impact of The Benchmarking Process on Organisational Effectiveness. 3rd Quarter,39. Production and Inventory Management Journal, 1998.

Hasan, Shahizan and Li, Feng., Evaluating theUsability and Content Usefulness of Website : a Benchmarking Approach. Jounal of Electonic Commerce in Organization, ABI/INFORM Global, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.