SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBAGIAN BEBAN MENGAJAR DOSEN DENGAN METODE ALGORITMA GENETIKA STUDI KASUS: POLITEKNIK NEGERI BATAM

Nur Zahrati Janah, Indita Brayudi, Maria Maria

Abstract


Pembagian beban mengajar dosen merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap awal tahun ajaran atau semester. Proses ini memerlukan banyak waktu, dan usaha agar pembagian tugas mengajar sesuai dengan
level kemampuan dosen dan kemerataan pembagian tugas. Dengan menumpuknya tugas administratif akademik di awal semester, maka dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat mengotomatisasi pembagian beban
mengajar dosen sehingga pembagian tugas dapat dilakukan dengan cepat.
Aplikasi berbasis web ini menerapkan metode algoritma genetika dimana solusinya dikodekan dalam rangkaian bilangan bulat. Metode seleksi yang digunakan adalah seleksi roda Roulette, sedangkan metode mutasinya adalah dengan menambahkan/mengurangi dengan bilangan bulat yang relatif kecil dengan menjaga nilai gen selalu dalam domain yang ditentukan.
Setelah dilakukan implementasi dan pengujian, sistem dapat menghasilkan distribusi beban mengajar dengan metode algoritma genetika berdasarkan input matriks kompetensi dosen dan mempertimbangkan kesesuaian kompetensi dosen sebagai pengampu dan pengajar.

Full Text:

PDF

References


Bahri, Syamsul. 2012. ”Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pembagian Beban Kerja Dosen (BKD) Berbasis Logika Fuzzy”. Lhokseumawe: Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Desiani, Anita., dkk. 2006. ”Konsep Kecerdasan Buatan”. Yogyakarta: Andi.

Kustono, Djoko., dkk. 2010. ”Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi”. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kusumadewi, Sri. 2003. ”Artificial Intelligence”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nugraha, Ivan. 2008. ”Aplikasi Algoritma Genetik Untuk Optimasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar”. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Puspaningrum, Wiga Ayu., dkk. 2013. ”Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Genetika di Jurusan Sistem Informasi ITS”. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Shalahuddin, M., dkk. 2011. ”Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak”. Bandung: Modula.

Sutojo, T., dkk. 2011. ”Kecerdasan Buatan”. Yogyakarta: Andi.

Widyastuti, Hilda. 2012. ”Diktat Sistem Informasi”. Batam: Politeknik Negeri Batam.

Zukhri, Zainudin. 2014. ”Algoritma Genetika”. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.