Analisa dan Perancangan Toko Online menggunakan Content Management System (CMS) ( Studi kasus penerapan IbM KUB Tas di kudus)

Rina Fiati, Tri Listyorini Listyorini

Abstract


Media teknologi informasi sangat diperlukan oleh kalangan industri kecil menengah (IKM) seperti kerajinan tangan, garmen, tas, makanan dan souvenir dalam mengembangkan usahanya untuk mendapatkan sumber informasi yang memadai, sehingga proses kelancaran produksi dapat lebih optimal. Salah satu IKM yang memproduksi tas adalah industri pembuatan tas ”Az Zahro collection dan Spatato tas collection” di Kudus. Kemampuan sumberdaya manusia dalam menjalankan usaha masih sangat terbatas baik dalam pengelolaan manajemen dan penggunaan media sistem informasi berbasis komputerisasi.Penelitian ini mengangkat Content Management System sebagai media dalam mengembangkan aplikasi toko online. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Waterfall Model. Metode perancangan perangkat lunak adalah unified modelling language (UML), sedangkan perancangan basis data menggunakan entity relationship diagram (ERD). Pengembangan program menggunakan pemrograman hypertext preprocessor (PHP) database MySQL sebagai penyimpan data. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi toko online yang menitikberatkan pada pembahasan manajemen konten dan penambahan uji management. Selain itu sarana toko online melalui media internet sebagai bentuk pemasaran modern dan memudahkan konsumen dalam proses transaksi belanja.


Full Text:

PDF

References


Fiati,R. dkk, 2013. IbM peningkatan kualitas produksi berbasis Information Technology pada klaster KUB tas di loram Wetan Kudus, penelitian dan pengabdian masyarakat UMK.

Boukar,MM., Content Management System (CMS) Evaluation and Analysis, Vol.1, No.1, 2012.International Ataturk Alato University

Pressman, Roger, S.2001, Software Enginering (A Practitioner’s Approach), 5th Ed., Prentice- Hall International, Inc.Singapore.

Suhendar. A. dan Gunadi. H., 2002, Visual Modelling menggunakan UML dan Relational Rose, Bandung: Informatika

Parasuraman, A.; Zeithmal, V.A.; and Berry, L. (1985)” A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”. Journal of Marketing, Vol. 49, pp. 41-50.

Rust, R.T. dan K.N. Lemon (2001), “E-service and the Consumer,” International Journal of Electronic Commerce, Vol. 5, No. 3, pp. 85– 101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.