SISTEM INFORMASI SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PROMOSI PADA KELOMPOK USAHA TANI “SARI MINA”

Lilis Dwi Farida

Abstract


Kelompok usaha “Sari Mina” adalah salah satu kelompok usaha yang berhasil membuat inovasi lain terhadap pengolahan ikan lele. Kelompok yang beranggotakan ibu-ibu PKK  dari Dusun Sempu, Desa Pakembinangun, Sleman tersebut telah sukses mengubah ikan lele menjadi olahan abon dengan meninggalkan rasa amis dan tetap menjaga kandungan nilai gizinya, serta menjaga olahan tersebut dari bahan pengawet dan penyedap rasa. Selain olahan ikan lele, “Sari Mina” akhirnya membuat variasi baru. Namun demikian, tingkat daya beli untuk abon varian lain masih kurang jika dibandingkan dengan abon ikan lele yang sudah lebih dulu ada. Hal ini dikarenakan kurangnya promosi yang dilakukan terhadap varian baru tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, akan diberikan solusi berupa media promosi sistem informasi berbasis website yang diharapkan akan membantu promosi produk “Sari Mina”. 

Luaran dari kegiatan ini adalah sistem informasi promosi berbasis website untuk usaha mikro makanan olahan abon ikan. Website yang dibuat telah di-online-kan dan dapat diakses sehingga proses promosi dan pembelian secara online dapat dilakukan sehingga dapat meningkatkan omset penjualan pada “Sari Mina”.

Kata kunci: Sistem Informasi,, Sari Mina, Abon Ikan


Full Text:

PDF

References


R. Marpaung and Asmaida, “Analisis Organoleptik pada Hasil Olahan Sosis Ikan Air Laut dan Air Tawar,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 11, no. 3, pp. 1–5, 2011.

tribunjogja.com, “Ibu-ibu di Dusun Sempu Olah Lele Jadi Abon yang Tidak Amis dan Awet.” [Online]. Available: http://jogja.tribunnews.com/2017/10/08/ibu-ibu-di-dusun-sempu-olah-lele-jadi-abon-yang-tidak-amis-dan-awet. [Accessed: 29-Mar-2018].

A. Kadir, “Pengenalan Sistem Informasi,” in Bodnar Hoopwood, Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Andi, 2002, p. 11.

B. Irawan, Jaringan Komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

H. AL Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.