PERENCANAAN RUANG TERBUKA HIJAU DESA WISATA BRAJAN DESA SENDANGAGUNG KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN

Nurizka Fidali, Amir Fatah Sofyan

Abstract


Kabupaten Sleman kini telah menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang menyimpan berbagai potensi wisata yang menarik. Salah satu yang menjadi tujuan wisata adalah desa wisata Brajan. Desa tersebut memiliki atraksi wisata selain panorama alam dan budaya, juga memiliki keunggulan hasil kerajinan bambu. Sebagai tujuan wisata yang cukup dikenal baik secara nasional maupun mancanegara, Desa Brajan memiliki permasalahan yaitu kurangnya sarana dan prasarana berupa Ruang Terbuka Hijau sebagai daerah wisata. Padahal sebagai desa wisata salah satu persyaratannya adalah memiliki dukungan masyarakat terhadap keberadaan desa wisatanya. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkat pemahaman masyarakat dan sensitivitasnya terhadap lingkungan binaan (kawasan wisata). Metode yang digunakan adalah dengan Forum Group Discussion (FGD) dengan pemerintah kabupaten Sleman dan masyarakat Desa Wisata Brajan dan Workshop. Luaran program ini berupa rancangan Ruang Terbuka Hijau.

Kata kunci: desa wisata, ekonomi kreatif, Ruang terbuka Hijau

Full Text:

PDF

References


Brahmantyo Budi. (2008). Warta Pariwisata Vol. 10 No. 2 Okt 2008, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan (P-P2Par) ITB.

Budihardjo, Eko & Sujarto, Djoko (2005) Kota Berkelanjutan

Fauzy, A., Putra, A. S. (2015). Pemetaan Lokasi Potensi Desa Wisata Di Kabupaten Sleman Tahun 2015. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan.

Hadiwijoyo, S. S. (2012). Perencanaan pariwisata perdesaan berbasis masyarakat: Sebuah pendekatan konsep. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hakim, Rustam. Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap

Nuryanti, Wiendu. (1993). Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Permen PU No. 05/PRT/M/2008, Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan

Sleman. (2010). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Sleman Tahun 2010. http://www.slemankab.go.id/wp-content/uploads/05.-Bab-1-09.pdf

diakses: Maret 2018.

Simonds, John Ormsbee. (1984) Landscape Architecture

UU No.26, (2007) Tentang Penataan Ruang dan Pelaksanaan Peraturannya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.