PENGEMBANGAN EKONOMI BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DUSUN BANARAN, SUMBERAGUNG, JETIS, BANTUL

Renindya Azizza Kartikakirana, Dwi Pela Agustina

Abstract


Dusun Banaran merupakan salah satu dusun yang berada di Padukuhan Nogosari, Desa Sumberagung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul. Dusun Banaran melalui Karang Tarunanya, memiliki potensi usaha ekonomi berupa budidaya ikan lele, selama ini ikan lele hanya dijual mentah saja. Di samping itu, di dusun tersebut banyak ibu-ibu yang hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang ingin memperoleh tambahan penghasilan. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu untuk mengembangkan ekonomi lokal Dusun Banaran dengan cara meningkatkan kapasitas Ibu-Ibu Dusun Banaran mengenai pengolahan produk ikan lele. Dengan adanya peningkatan kapasitas ini, harapannya dapat memunculkan pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan produk unggulan dusun. Adanya pelatihan pengolahan potensi lokal ini dinilai masyarakat ke depannya dapat memberdayakan ibu-ibu dasa wisma yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga untuk mengembangkan produk olahan potensi lokal dusun. Pelatihan ini memicu masyarakat untuk dapat berkreasi menciptakan inovasi dalam pengolahan potensi lokal yang dimilikinya, yaitu ikan lele.

Kata kunci: pemberdayaan masyarakat, potensi lokal, pengolahan produk


Full Text:

PDF

References


Mustangin, Desy Kusniawati, Nufa Pramina Islami, Baruna Setyaningrum, and Eni Prasetyawati. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata di Desa Bumiaji. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi 2(1):59-72.

Zamhariri. 2008. Pengembangan Masyarakat: Perspektif Pemberdayaan dan Pembangunan. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam Volume 4, Nomor 1, Juni 2008.

Darmansyah A, Sulistiono, Nugroho T, Supriyono E. 2016. Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan budidaya ikan lele di Desa Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Jurnal Agrokreatif IPB. 2(1): 8-16. Dalam Hudaidah, Siti, dkk. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Budidaya Ikan Lele Teknologi Bioflok di Kelurahan Pinang Jaya, Bandar Lampung, Lampung. Jurnal Pengabdian kepada masyarakat Sakai Sambayan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.