EDUKASI LITERASI NEW MEDIA DI SEKOLAH TIARA CHANDRA YOGYAKARTA

Rivga Agusta

Abstract


Perkembangan teknologi di era digital ini memberi pengaruh pada perkembangan media. Perkembangan tersebut ditandai dengan kemunculan new media atau media yang terintegrasi dengan internet melalui berbagai gadget. Konsumsi internet dan penggunaan gadget oleh anak bila tidak diberi pengawasan maka akan dapat mengakibatkan dampak negatif bagi anak. Sekolah Tiara Chandra Yogyakarta, merupakan salah satu sekolah yang merasakan gejala tersebut pada anak didik mereka. Untuk mengatasi dampak negatif internet dan gadget ini, maka dilaksanakan program edukasi literasi new media bagi orangtua murid di Sekolah Tiara Chandra. Program yang dilaksanakan meliputi pemetaan aktivitas konsumsi media anak dan kegiatan parental mediation orangtua melalui pengisian kuesioner; sosialisasi; edukasi; quiz; sharing session; dan pembagian leaflet. Hasil dari program ini antara lain orangtua memahami Bahaya dari penggunaan gadget dan internet yang berlebih pada anak; Pentingnya literasi new media; Penerapan pola pengawasan aktivitas bermedia pada anak dengan kegiatan parental mediation; kurang optimalnya orangtua dalam pembatasan teknis penggunaan gadget anak; dan orangtua masih memerlukan konsistensi dalam melaksanakan kegiatan parental mediation.

Kata kunci: literasi new media, gadget, anak


Full Text:

PDF

References


Lukihardianti, Arie. 2016. 90 Persen Anak SD Telah Mengakses Pornografi. Dilihat pada 18 Agustus 2017.

Potter, W. J. 2005. Media Literacy. Upper Sadler River, NJ: Prentice Hall.

Ameliola, Syifa & Nugraha, Hanggara Dwiyudha. 2013. Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi. Prosiding The 5 th International Conference on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalization”

Livingstone, S., Mascheroni, G., &Dreier, M. 2015. How parents of young children manage digital devices at home: The role of income, education and parental style. Dilihat pada 20 November 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.