SOSIALISASI PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA BERBASIS MASYARAKAT DI RW 02 KELURAHAN BENER KECAMATAN TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA

Vidyana Arsanti

Abstract


Jumlah Penduduk Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo pada Tahun 2016 yaitu berjumlah 4.855 Jiwa dengan Kepadatan penduduk 8.518 jiwa/km2  (sumber: Dukcapil Kota Yogyakarta, Kecamatan Tegalrejo Dalam Angka 2017). Dengan jumlah penduduk yang besar maka akan berimbas terhadap jumlah  sampah yang dihasilkan, terutama sampah Rumah Tangga. Pengelolaan sampah rumah tangga dinilai paling efektif untuk mengurangi jumlah sampah yang ditangani oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Melalui kondisi tersebut, maka diadakan kegiatan sosialisasi dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan tentang cara memilah sampah organik dan anorganik serta cara membuat sampah organik menjadi kompos. Kegiatan ini dilakukan di RW 02 Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo yang merupakan salah satu wilayah dengan kepadatan penduduk tinggi dan belum pernah diadakan kegiatan pengelolaan sampah, selain itu merupakan daerah yang ditunjuk oleh pihak Kelurahan sebagai daerah percontohan dan binaan. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat mengenai garbage education ini dapat meningkatkan pengetahuan terhadap pengelolaan sampah, lalu pengetahuan yang dimiliki tersebut dapat secara signifikan mengurangi jumlah sampah dan meningkatkan kesehatan lingkungan. Materi yang diberikan dilakukan di Balai RW 02 Gedung Serbaguna. Beberapa kader RW 02 meminta untuk dilakukan kegiatan lanjutan yaitu pembenahan Bank Sampah yang dimiliki RW 02 dengan perbaikan Manajemen dengan Sistem Perbankan.

Kata kunci: Pengelolaan Sampah; Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat Sampah Rumah Tangga; 


Full Text:

PDF

References


Republik Indonesia. 2012. Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Kota Yogyakarta: Pemerintah Daerah.

Rineksa, Setiawan. Oktober, 2007. Mengurangi Sampah tanpa rupiah. Buletin Lingkungan Hidup Kalpataru, hal. 2-4.

Basriyanta. 2007. Memanen Sampah. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.