PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR UNTUK ANAK-ANAK USIA DINI

Mulia Sulistiyono

Abstract


Augmented Reality(AR) merupakan cara alami untuk mengeksplorasi objek 3 Dimensi dan data, AR merupakan suatu konsep perpaduan antara virtualreality dengan world reality. Sehingga obyek obyek virtual 2 Dimensi (2D) atau 3 Dimensi (3D) seolah-olah terlihat nyata dan menyatu dengan dunia nyata. Pada teknologi AR, pengguna dapat melihat dunia nyata yang ada di sekelilingnya dengan penambahan obyek virtual yang dihasilkan oleh kompute. KBRA Khoiru Ummah merupakan tempat belajar dan menuntut ilmu bagi anak-anak usia dini. Pemanfaatan teknologi komputer dan proyektor dalam pengajarannya pun sudah digunakan dalam kelas. Hal ini menjadi salah satu daya tarik peserta didik apabila dalam prosesnya digabungkan dengan teknologi Augmented Realit. Hasil dari pengabdian masyarakat ini berupa tiga hal yaitu : (1). Pembuatan aplikasi Augmented Reality  yang dapat dijalankan  pada perangkat  PC berbasis dekstop sebagai media ajar., (2) Pelatihan Pengenalan Aplikasi Augmented Reality keepada Guru dan Murid, (3). Pengadaan modem internet untuk koneksi internet.

Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Augmented Reality, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Dhani Ariatmanto, Andika Agus Slameto, Mulia Sulistiyono, (2016), Penerapan Media Ajar Tentang Profesi Kerja Berbasis Dekstop Menggunakan Teknologi Augmented Reality Sebagai Motivasi Belajar untuk Anak-anak Usia Dini (Studi Kasus TK Budi Mulia II Yogyakarta), JTI Respati, Vol. XI No.32 Juli 2016

Stephen Cawood & Mark Fiala, Augmented Reality: A Practical Guide 1st Edition, Pragmatic Bookshelf, 2007, ISBN-10: 1934356034


Refbacks

  • There are currently no refbacks.