PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU DALAM MENGHASILKAN KARYA PENGEMBANGAN PROFESI GURU MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU SMK N 2 YOGYAKARTA

I Made Artha Agastya

Abstract


Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan tentang karya pengembangan profesi pada guru SMKN 2 Yogyakarta, memberikan wawasan pengetahuan tentang pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas karya khususnya karya pengembangan berbentuk artikel ilmiah di bidang keahlian dan pendidikan masing - masing bagi guru-guru di SMKN 2 Yogyakarta. Sasaran pengabdian adalah guru-guru di SMKN 2 Yogyakarta. Permasalahan diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan dan pelaksanaan. Persiapan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai pengembangan profesi guru. Pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan, menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi, dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dan latihan sebagai bentuk kegiatan workshop penulisan karya ilmiah sebagai betuk pengembangan karya profesi guru. Hasil kegiatan pelatihan yang diharapakan adalah sebagian besar peserta dapat memahami konsep pengembangan karya profesi, arti penting karya pengembangan profesi, pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas karya pengembangan profesi dalam bentuk penulisan laporan tindakan kelas maupun artikel ilmiah baik dalam bidang keahlian masing – masing dan pendidikan serta mampu mengembangkan karya profesi dalam bentuk penulisan karya ilmiah.

 

Kata kunci: pengembangan profesi, karya ilmiah, jurnal, seminar


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2007. Panduan Penyusunan Perangkat Portofolio Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2007. Pedoman Penetapan Peserta dan Pelaksanaan Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2007. Pedoman Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.