IbM KELOMPOK USAHA REMPEYEK IKAN CETUL DESA GADING TULUNG BELANG WETAN KLATEN UTARA

Anik Sri Widawati, Ismadiyanti Purwaning Astuti

Abstract


Salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berkembang di Kota Klaten adalah Kelompok Pengolah dan Pemasar Hasil Ikan (Poklahsar) “Ngupadi Boga” di Gading Tulung, Belangwetan, Klaten Utara. Poklahsar ini beranggotakan 16 orang dengan usaha Rempeyek Ikan Cetul. Awalnya usaha ini bersifat sambilan, namun akhirnya dijadikan sebagai pekerjaan utama. Rempeyek Ikan Cetul ini banyak diminati konsumen sebagai camilan dan dijadikan oleh-oleh khas daerah tersebut. Poklaksar memproduksi rempeyek ikan cetul sekitar 7 kg per hari dan saat hari raya lebaran memproduksi hingga 21 kg per hari. Pengemasan rempeyek ikan cetul ini masih sangat sederhana dan belum ada labelnya, sehingga tidak tahan lama, mudah remuk, kurang menarik, dan mudah ditiru. Pengelolaan keuangan juga belum tertangani dengan baik sehingga sulit untuk mengetahui secara pasti berapa laba yang dihasilkan. Kegiatan pengabdian ini sudah dijalankan dengan berbagai capaian sesuai dengan target luaran sebagai berikut : 1) Pelatihan pengembangan kemasan produk (packaging product).  Melalui  kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang  pentingnya kemasan untuk meningkatkan nilai tambah dan harga jual produk. 2) Pelatihan pengelolaan keuangan. Melalui kegiatan ini diharapkan kelompok usaha ini dapat membuat laporan keuangan usaha secara sederhana sehingga mengetahui kondisi keuangan dari usaha tersebut.

Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia, Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Kerjasama LPPI dengan Bank Indonesia Tahun 2015.

Hartati, Sri, 2013, Manajemen Keuangan Untuk Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah, www.api-pwu.com/wp-content/uploads/2010/01/Artikel-Sri-Hartati.pdf.diakses pada 18 April 2018

Kasmir, 2010, Pengantar Manajemen Keuangan, Jakarta, Prenadamedia Group.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane, 2018, Manajemen Pemasaran, Edisi Terjemahan, Penerbit Erlangga.

Susetyarsi, Th, Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang, Jurnal STIE Semarang, Vol.4 No.3.

Swasta, Basu, 1999, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Ketiga, Yogyakarta Liberty.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.