PENERAPAN E-COMMERCE UNTUK PEMASARAN PADA USAHA HANDYCRAFT

Ikmah Ikmah, Anik Sri Widawati

Abstract


Pada era sekarang ini semua sudah memanfaatkan media online untuk mempromosikan barang dagangan.
Media online sangat diperlukan untuk meningkatkan perkembangan usaha yang dijalankan untuk para
pengusaha. Dengan memanfaatkan media online sebagai promosi penjualan barang dagangan dapat
menghemat biaya dilihat dari berbagai aspek. Pemasaran produk handycraft yang dilakukan oleh Naneci
sudah berjalan dengan baik, tetapi jumlah yang dipesan sedikit karena hanya memproduksinya jika ada
pesanan saja, sehingga kurang berkembang. Permasalahan yang muncul dalam usaha handycraft Naneci
yaitu pada pemasaran hand bag, travel bag dll. Pemasaran dilakukan jika ada pesanan yang datang dengan
menghubungi via handphone. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra pengabdian masyarakat
diatas, maka solusi yang ditawarkan adalah memasarkan produk handycraft melalui website e-commerce
dengan menerapkan teknik SEO. Dengan menggunakan website diharapkan dapat membantu proses
pemasaran menjadi lebih baik, selain itu dapat meningkatkan keuntungan pendapatan yang diperoleh.
Luaran dari kegiatan ini diantaranya membangun Website e-commerce yang menerapkan Teknik SEO untuk
media promosi dan pemasaran produk handycraft. Adapun metode yang dilaksanakan adalah menganalisis
metode pemasaran yang berjalan dan mengadakan pelatihan manajemen bisnis dan pemasaran serta
operasional website. Hasil akhir dari kegiatan ini secara umum dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi
pada usaha handycraft. Secara khusus dapat meningkatkan ruang lingkup pemasaran dengan penggunaan
teknologi informasi dalam pemasaran.
Kata kunci: e-commerce, handycraft, tas


Full Text:

PDF

References


Al-Fatta, H. 2007. Analisis & Perancangan Sistem

Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Google. (2010). Search Engine Optimization

Starter Guide. Diakses pada Oktober 2018, dari

Google Inc.: www.google.com

Hardjono D. (Ed). 2006. Seri Panduan Lengkap

Menguasai Pemrograman Web dengan PHP 5.

ANDI Yogyakarta.

Jogiyanto, HM. Analisis dan Desain System

Informasi : Pendekatan Terstuktur Teori dan

Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta : Andi Offset,

Kozinets, R. V., De Valck, K., Wojnicki, A. C., dan

Wilner, S. J. (2010). Networked narratives:

Understanding word-of-mouth marketing in online

communities. Journal of marketing, 74(2), 71-89

M.Romli, Asep Syamsul. Jurnalistik Online:

Panduan Praktis Mengelola Media Online

(Bandung, Nuansa Cendekia, 2012).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.