PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA PETERNAKAN IKAN LELE SUMBER BAROKAH

Hendra Kurniawan

Abstract


Pemanfaatan TI (Teknologi Informasi) menjadi hal yang wajib untuk berbagai jenis aspek, seperti aspek
pendidikan, perbankan, pemerintahan, pariwisata, maupun hiburan. Teknologi informasi ini bisa dalam
bentuk unit komputer, laptop, smartphone, atau internet. e-Commerce yang merupakan bagian dari
teknologi informasi dapat diartikan sebagai perdagangan secara elektronik untuk mendukung aktivitas
pembelian, penjualan, dan pemasaran produk. Bagi individu atau UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dapat
menerapkan e-commerce dengan cara membangun dan menggunakan website untuk keperluan bisnis.
Keunggulan website ini adalah dapat mendeskripsikan profil UKM dan produknya secara jelas dan detail.
Sumber Barokah sebagai mitra yang saat ini berubah nama menjadi Flying Fish merupakan UKM yang
bergerak di bidang pembibitan atau produksi bibit ikan lele. UKM ini bertempat di Jl. Pleret No. 11,
Baturetno, Banguntapan, Bantul, DIY. Flying Fish dikelola oleh 2 orang, yaitu Choirul Ummam dan Heri
Ridianto. Sebagai UKM yang baru didirikan pasti banyak masalah yang dihadapi oleh mitra, salah satunya
terkait dengan promosi. Hal ini dikarenakan semua pengelola fokus terhadap persiapan dan produksi bibit
ikan lele. Oleh sebab itu, solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan
website sebagai media promosi. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat diharapkan mitra mampu
menerapkan website untuk media promosi produk dan dapat mengelolanya dengan baik.
Kata kunci: ti, e-commerce, website, promosi, lele


Full Text:

PDF

References


Tavakol, Mohamed, 2012, Virtual Applications and

Real Problems: Education and Higher Education in

Iran, Procedia - Social and Behavioral Sciences:

– 303.

Maryama, S, 2013, Penarapan e-Commerce dalam

Meningkatkan Daya Saing Usaha, Jurnal Liquidity,

Vol. 2, No. 1, halaman 73-79.

Rainer, R. K. dan C. G. Cegielski, 2012,

Introduction to Information Systems: Enabling and

Transforming Business, (3th ed), Jonh Wiley &

Sons Inc.

Ardura, I. R., A. M. Artola, dan J. V. Requena,

, Factors Influencing the Evolution of

Electronic Commerce:An Empirical Analysis in a

Developed Market Economy, Journal of

Theoretical and Applied Electronic Commerce

Research: 18-29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.