SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PEGAWAI BARU PADA PT.ABADI EXPRESS (TIKI) YOGYAKARTA

Hani Setyowulan, Kusrini Kusrini

Intisari / Abstract


PT.ABADI EXPRESS (TIKI) merupakan salah satu perusahaan yang berkembang dalam bisnis angkutan di Yogyakarta. Pada perusahaan ini, perekrutan masih dilakukan secara manual dengan berbagai kriteria. dalam proses perekrutan karyawan baru ini sangat membutuhkan manajemen waktu. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan karyawan, diantaranya latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, tes terlulis, wawancara. Sejumlah kriteria yang harus diperhatikan dan memerlukan akurasi tinggi membuatnya sulit untuk menentukan pengelolaan karyawan yang layak. Tujuan utama dari penelitian ini adalah membangun sistem pendukung keputusan untuk membantu proses penerimaan pagawai baru menggunakan metode Weighted Product (WP). Dalam aplikasi ini, pengguna diijinkan untuk menentukan kriteria yang digunakan beserta bobot kriteria.dengan menggabungkan kriteria data dan pembobotan data yang dimasukkan oleh pengguna, aplikasi akan mampu menghasilkan peringkat setiap pelamar berdasarkan nilai akhir. Semakin besar nilai pelamar, maka semakin sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh perusahaan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief, M.Rudyanto. 2005 .Pemograman Basis Data Menggunakan Transact-SQL dengan Microsoft SQL Server 2000.Yogyakarta : Penerbit ANDI

Efraim, T, E.Aronson, J dan Peng Liang, T:Decision Support Systems and Intellegent Systems, Edisi 7, Jilid 1, New Jersey: Pearson Education,Inc , 2005.

Fatta, H.2007 .Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi modern .Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Kusrini, M.Kom. 2007. Konsep dan aplikasi Sistem Pendukung keputusan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sunyoto, A.2007.Pemograman Database dengan Visual Basic dan Microsoft SQL. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Taufikur Rahman, dkk.2012. WEIGHTED PRODUCT. http://ml.scribd.com/doc/58779116/MAKALAH-WP-Weighted Product. Diakses pada tanggal 17 September 2012.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.