PEMBUATAN GAME “JALAN KE IBUKOTA” BERBASIS ANDROID

Chaisir Ibnu Supraja, Emha Taufiq Luthfi

Intisari / Abstract


Bermain game pada smartphone saat ini sedang menjadi bukti perkembangan game. Berbagai informasi dapat disampaikan dengan mudah menggunakan media game. Memberikan pengetahuan tentang budaya Indonesia lewat bermain game adalah cara paling menyenangkan. Selain itu juga dapat mengenalkan beberapa alat music tradisional,pakaian adat, masakan daerah. Hal ini akan lebih menyenangkan jika disajikan dalam bentuk game. Pada penelitian ini memperkenalkan cara edukasi baru menggunakan game RPG untuk mendidik masyarakat pengguna android akan selalu mudah untuk mengenal budaya Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development yang menggunakan tahapan penelitian (1) analisis menggunakan SWOT, untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, (2) perancangan grafik dan flowchart game, (3) implementasi hasil perancangan game kedalam perangkat mobile dalam hal ini android, agar dapat digunakan kapan saja, (4) observasi meliputi tahap-tahap penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan multimedia agar tampilan game RPG Jalan Ke Ibukota terlihat lebih menarik untuk dimainkan, (5) revisi, dan (6) uji coba produk.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief S Sadiman, dkk, 2002. Media Pendidikan. PT Raja Grafindo Jakarta

Ariesto Hadi Sutopo, 2003. Multimedia Interaktif Dengan Flash. Graha Ilmu Yogyakarta.

Arsyad, A, 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.

Nazaruddin Safaat H. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Table PC Berbasis Android (Edisi Revisi). Informatika Bandung.

Persada Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Depdikbud & P2 LPTK Jakarta

Sadiman,A.S, Rahardjo, R., Haryono,A., & Rahadjito.1990.Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya, edisi 1. Penerbit CV. Rajawali Jakarta

Sudjana, N.& Rivai, A. 1992. Media Pengajaran.Penerbit CV.Sinar Baru: BaNdung.

Suyanto. M. 2003. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Penerbit Andi: Yogyakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.