STUDI KASUS PENGGUNAAN TinyCA SEBAGAI APLIKASI CERTIFICATE AUTHORIZATION (CA) YANG MUDAH DAN SEDERHANA PADA SISTEM OPERASI UBUNTU

Nila Feby Puspitasari

Intisari / Abstract


Penggunaan sertifikat digital merupakan sebuah pembuktian yang sangat penting untuk mengamankan komunikasi. Sertifikat digital adalah surat atau lembaran yang umum digunakan untuk melengkapi sarana pembuktian identitas. Ada sebuah organisasi atau Certificate Authorization (CA) yang sudah dipercaya untuk memberikan sertifikat pada seseorang atau publik yang berhubungan dengan kunci publik ataupun kunci pribadi. Pada umumnya organisasi tersebut berbayar dan berlisensi.

TinyCA merupakan aplikasi sederhana berbasis ubuntu yang digunakan untuk membuat Certificate Autorization (CA) dengan mudah. Aplikasi tersebut menggunakan Secure Socket Layer (SSL) untuk mengenerate CA dan lebih mudah dalam pembuatannya karena menggunakan Graphical User Interface (GUI). TinyCA mengelola otoritas sertifikat berskala kecil dengan layanan otentikasi berstandar X.509 yang digunakan secara luas di internet misalnya dalam S/MIME, IP Security, SSL/TLS dan SET. Standar ini tidak memaksakan penggunaan dari algoritma tertentu tetapi menganjurkan RSA. Algoritma kunci publik yang dibuat oleh (Ron Rivest, Shamir dan Leonard Adleman).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rinaldi Munir, 2006: Kriptografi, INFORMATIKA.

William Stallings, 2003: Cryptography and Network Security Principles and Practice ,Prentice Hall.

http://jurnalsandi.blogspot.com

http://tinyca.sm-zone.net/


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.