TINJAUAN UMUM METODE PENDEKATAN DASHBOARD PADA PROSES BUSINESS INTELIGENCE

Kusnawi Kusnawi

Intisari / Abstract


Organisasi perlu melakukan monitoring dan pengukuran secara terus-menerus terhadap kinerjanya untuk memastikan ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan dan akan membantu proses pengambilan keputusan berdasarkan hasil monitoring. Proses monitoring kinerja memerlukan data dan informasi yang diambil dari seluruh bagian organisasi. Penerapan Business Intelligence atau sering disebut dengan BI, dibuat untuk memecahkan masalah untuk membantu dalam pengambilan keputusan dari berbagai proses data yang ada pada suatu organisasi. Dashboard merupakan alat untuk menyajikan informasi secara sekilas, solusi bagi kebutuhan informasi organisasi, dashboard digunakan sebagai alat untuk monitoring kinerja, dalam mendukung kebutuhan manajemen level strategik, taktikal, maupun operasional.

Inti dari dashboard terletak pada data/informasi yang disajikan di dalamnya, serta cara untuk menyajikan informasi tersebut agar mudah dipahami oleh penggunanya. Dengan metodologi yang sudah dikembangkan oleh beberapa vendor yaitu yaitu PureSahre, Noetix dan BrightPoint, maka minimal ada tiga prinsip dasar dalam pembuatan dashboard yaitu identifikasi kebutuhan, perencanaan, dan perancangan prototype dashboard.

Bentuk penyajian dengan dashboard terutama untuk aplikasi BI akan sangat membantu sesuai tingkat level pengambilan keputusan yaitu manajemen level strategik dan taktikal sesuai dengan karakteristik BI.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Eckerson, Wayne.2006. Performance dashboards: measuring, monitoring, and managing your business. John Wiley & Sons, Inc.

Kusnawi, 2008. Aplikasi Datawarehouse untuk Business Intelligence. Jurnal Dasi STMIK AMIKOM Yogyakarta.

http://www.accountingweb.com/whitepapers/dash_develop.pdf , diakses 10 Mei 2010.

Next Generation Business Intelligence Executive & Operatonal Dasboards AdvancedBusinessAnalytics.http://www.brightpointinc.com/DownloadFile.aspx?Filename=Dashboard Design - Key Performance Indicators and Metrics.pdf., diakses 10 Mei 2010.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.