RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN TAJWID BERBASIS MULTIMEDIA (Studi kasus : Pondok Pesantren Darut Taqwa Purwodadi Grobogan)

Iswatun Khasanah, Hanif Al Fatta

Intisari / Abstract


Pembelajaran cara membaca alquran dengan cara yang benar (tajwid) merupakan mata pelajaran wajib pada lembaga pendidikan islam maupun pondok pesantren. Selama ini ketergantungan siswa akan guru tajwid yang baik Sangay tinggi karena ilmu tajwid Sangay erat hubungannya dengan bagaimana melafalkan bunyi bacaan al-quran dengan baik.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia dalam bentuk CD interaktif, yang memuat ilmu tajwid dasar yang disertai dengan contoh pelafalan hukum tajwid yang benar dilengkapi dengan contoh tulisan maupun narasi/suara bacaannya. Sistem multimedia memungkinkan anak didik melihat contoh bacaan dan mendengarkan lafal dari sistem multimedia yang digunakan.

Penelitian menunjukkan minat santri untuk mempelajari tajwid lebih meningkat dengan penggunaan media pembelajaraan ini, dan keterbatasan tenaga pengajar juga bisa diatasi.Kemampuan menggunakan komputer sebagai media untuk menjalankan aplikasi ini merupakan kendala yang bisa diatasi dengan pelatihan menggunakan media ini untuk pengguna awal.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asy’ari Abdullah BA, 1987. Pelajaran Tajwid. Surabaya : Apollo.

Jogiyanto, HM. 1995. Analisis dan Desain Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset

Mcleod, Raymon. 1996. Sistem Informasi Managemen, Jakarta : PT Prenhalindo

Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Yogyakarta : Andi Offset


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.