THE PRACTICE OF MANAGING THE INFORMATION ASSET

Erik Hadi Saputra, Rika Perdana Sari, Lilis Nurhariyanti

Intisari / Abstract


IAM atau information assets management merupakan suatu pendekatan untuk mengelola aset informasi secara internal organisasi, efisien dan bernilai ekonomis terhadap semua informasi yang dimiliki organisasi. Untuk melakukan/menerapkan IAM ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, seperti: prinsip dan petunjuk dari ruang lingkup IAM harus jelas, kebijakan dan prosedur, definisi informasi dan petunjuk pemakaiannya, model bisnis organisasi, pelayanan dan metode serta tool yang digunakan, mekanisme penyebaran informasi serta kemampuan dan pengetahuan untuk mengelola informasi serta keterkaitan informasi tersebut dengan bisnis organisasi.

Pada akhirnya organisasi dapat mengelola informasinya sehingga menjadi suatu aset yang memberikan value yang berguna bagi keberlangsungan bisnis organisasi atau dengan kata lain organisasi dapat melakukan ”the right information, in the right place, at the right time, at the right cost”.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


John Ward and Joe Peppard, ”Strategic Planning for Information Systems”, Third Edition,John Wiley & Sons, Ltd, 2002

James Robertson, “10 Principles of Effective Information Management”, KM Column, www.steptwo.com.au, 2005

Aptus Solutions, “Tuning Information into Advantage with Information Assets Management”, www.aptus.co.uk/thinking.iam, 2005

Carla Chastka, “Information Asset Management: A Joint Responsibility”, W R System, Ltd


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.