PERANCANGAN SISTEM AUDIO ON DEMAND BERBASIS JARINGAN TCP/IP di STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Hastari Utama

Intisari / Abstract


Audio on demand adalah layanan multimedia interaktif yang mengintegrasikan informasi audio,teks dan gambar diam. Sistem audio on demand dirancang sebagai sistem client - server. Server melayani distribusi informasi ke beberapa client, serta bertanggung jawab terhadap permintaan kontrol interaktif dari client. Client bertanggung jawab dalam menangani permintaan interaktif pemakai dan mengolah informasi yang didapat dari server tersebut dengan benar. Informasi ditransmisikan dari server ke client, melalui media Jaringan komputer LAN ataupun WAN menggunakan protokol TCP/IP. Sistem audio on demand yang dirancang, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan layanan interaktif yang semakin meningkat dan menjadi dasar dalam penguasaan teknologi transmisi data stream melalui Internet.

Pada Penelitian ini telah dilakukan perancangan dan implementasi sistem Audio on demand berbasis jaringan TCP/IP. Sistem yang diwujudkan terdiri atas server sederhana berbasis sistem operasi Unix dan client berbasis sistem operasi Windows 7/Windows NT. Server dapat melayani permintaan informasi dari client, dan client dapat mengolah informasi yang diminta dari server secara real time. Untuk pengaturan mekanisme komunikasi antara client dan server telah dibuat protokol SSTP yang berada diatas lapisan transpor dari protokol TCP/IP. Protokol tersebut dirancang untuk dapat menangani fungsi interaktif dalam pengolahan informasi suara, melakukan pengaturan transmisi informasi kontinyu dan dapat bekerja secara real time.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dumas, Arthur, Programming Winsock, Sams Publishing, 2004

Rao, Anup & Lanphier, Rob, Real Time Streaming Protocol, Internet Draft, Internet Enggineering Task Force MMUSIC Working Group, draft-ietf-mmusic-rtsp-00.txt, 26 Nop 1996

DOD Standard Internet Protocol, RFC 760, Information Science Institute, University of Southern California, Jan 2000

Halsall, Fred, Data Communications, Computer Networks and Open System, 3rd edition, Addison-Wesley, 1993

C, Laurence, & Grinham, John, The Networked Video Jukebox IEEE Transaction on Circuits and System for Video Technology, Vol 4. No. 2, pp 105-119, April 1994.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.