ANALISIS RSSI (RECEIVE SIGNAL STRENGTH INDICATOR) TERHADAP KETINGGIAN PERANGKAT WI-FI DI LINGKUNGAN INDOOR

Nila Feby Puspitasari

Intisari / Abstract


Menempatkan perangkat Wi-Fi pada tempat dan ketinggian yang sesuai akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kekuatan sinyal yang diterima oleh receiver. Sehingga peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian dengan melakukan pengukuran RSSI di lingkungan indoor ruang dosen gedung 2 lantai 1 STMIK AMIKOM Yogyakarta.

RSSI merupakan teknologi yang digunakan untuk mengukur indikator kekuatan sinyal yang diterima oleh sebuah perangkat wireless. RSSI merupakan daya yang diterima oleh perangkat wireless pada receiver yang menunjukkan variasi yang besar karena adanya pengaruh fading dan shadowing. Pengukuran RSSI ini menggunakan nilai spesifik untuk setiap vendor sehingga penilaian antara vendor yang satu dengan yang lainnya berbeda.

Pada penelitian ini pengukuran RSSI dilakukan dengan bantuan aplikasi InSSIDER yang terpasang di PC/Laptop/Hp, dimana telah dilakukan pengujian terhadap 3 (tiga) jenis ketinggian perangkat Wi-Fi yaitu ketinggian 50 cm, 120 cm dan 230 cm terhadap 43 receiver.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alawi, R.A, 2011. RSSI Based Location Estimation in Wireless Sensors Networks. IEEE .University of Bahrain. Kingdom Bahran.

Gunawan dan Gunadi. 2008. Mobile Broadband Tren Teknologi Wireless Saat ini dan Masa Datang. Penerbit Informatika Bandung.

Priyambodo, T.K dan Heriadi, D. 2005. Jaringan Wi-Fi. Penerbit ANDI Yogyakarta.

Sahu, P.K, Wu E.H dan Sahoo J, Dual RSSI Trend Based Localization for Wireless Sensor Networks. IEEE.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.