ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN STKIP HAMZANWADI SELONG DENGAN MENGGUNAKAN TOGAF ADM

Intan Komala Dewi P, Kusrini Kusrini, Hanif Al Fatta

Intisari / Abstract


STKIP Hamzanwadi Selong merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Nusa Tenggara Barat yang sudah berdiri sejak tahun 1972.Dalam mendukung proses bisnisnya pelayanan program studi yang dimiliki adalah system informasi dan perangkat teknologi informasi yang diharapkan adanya sebuah perubahan pelayanan pada seluruh civitas akademka yang berbasis IT, hal ini diperkuat pada perancangan salah satu layanan Sistem Informasi Akademik STKIP Hamzanwadi Selong yakni Sistem Informasi Perpustakaan (SIP) yang diberi nama Digital Library. Untuk mewujudkan harapan tersebut, diperlukan sebuah konsep yang tepat dengan memperhatikan proses bisnis organisasi itu sendiri.Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah TOGAF ADM yang merupakan salah satu standar audit yang digunakan untuk menyusun dan menerapkan model audit System Informasi.

Dari hasil analisis yang telah dijalankan diperoleh bahwa penggunaan TOGAF ADM pada perancangan Sistem Informasi Perpustakaan menghasilkan sebuah rencana strategis Sistem Informasi yang terarah dan sesuai dengan manajemen pada perpustakaan STKIP Hamzanwadi Selong sehingga menghasilkan rancangan strategi Sistem Informasi yang efektif, efisien dan sesuai dengan manajemen pada perguruan tinggi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jogiyanto, HM, Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Penerbit Andi Yogyakarta, 1999.

Murnawan 2007.Perancangan Model Arsitektur Bisnis dengan menggunakan TOGAF ADM (Studi Kasus : TELKOMRisTI).

Jamroni 2011, Analisis Tingkat Kematangan Sistem Informasi Perpustakaan Di Stikes Surya Global Yogyakarta, Tesis, AMIKOM, Yogyakarta

Mutyarini,Kuswardani 2011.Arsitektur Sistem Informasi untuk Perguruan Tinggi di Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.